PENGEMBANGAN TEMA PEMBELAJARAN UNTUK TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • Ika Budi Maryatun

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15679

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjabarkan langkah-langkah pengembangan tema pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literasi untuk menggali berbagai teori tentang pengembangan tema. Hasil dari kajian adalah langkah pengembangan tema yang meliputi tiga langkah utama, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Langkah persiapan berisi analisis sumber tema. Langkah pelaksanaan meliputi :

(1) memilih topik sebagai tema; (2) brainstorming tentang tema; (3) mencari literatur; (4) mengembangkan tema besar menjadi tema kecil; (5) menyusun konsep pengetahuan; (6) menentukan puncak tema; dan (7) melaksanakan tema. Langkah tindak lanjut berisi evaluasi pelaksanaan tema.

 

Kata kunci: Tema pembelajaran, taman kanak-kanak

Downloads

Published

2017-06-20

How to Cite

Maryatun, I. B. (2017). PENGEMBANGAN TEMA PEMBELAJARAN UNTUK TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 6(1), 41–47. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15679