MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA KELOMPOK A1 TK MADUKISMO

Ni Made Ary Astuti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep bilangan melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada anak kelompok A1 semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 di TK Madukismo Bantul yang berjumlah 17 orang anak, terdiri dari 9 orang anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki. Data mengenai pemahaman konsep bilangan pada anak dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep bilangan melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Dari sebelum tindakan diketahui persentase pemahaman konsep bilangan anak pada kategori baik mencapai 17,64% yaitu sebanyak 3 anak, siklus I persentase kemampuan pemahaman konsep bilangan pada kategori baik mencapai 35,29% yaitu sebanyak 6 anak, sedangkan pada siklus II persentase kemampuan pemahaman konsep bilangan pada kategori baik mencapai 52,94% yaitu sebanyak 9 anak dan pada kategori sangat baik mencapai 29,41% yaitu sebanyak 5 anak. Jadi peningkatan pemahaman konsep bilangan anak mencapai 82,35% yaitu sebanyak 14 anak pada kategori baik dan sangat baik.

 

Kata  kunci:  pemahaman  konsep  bilangan,  model  pembelajaran  Numbered Head  Together (NHT).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak



Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats