Baik Nilawati Astini, M.Pd (NIDN: 0030087504) Nurhasanah, M.Pd (NIDN: 001104705) Ika Rachmayani, M.Pd (NIDN: 0002018102) Drs. I Nyoman Suarta, M.Si (NIDN: 0019105904)

Noer Hasanah, Universitas Mataram, Indonesia

Abstract


Pendidikan anak usia dini adalah salah satu lembaga pendidikan yang memegang peran penting untuk membantu pemerintah mempersiapkan generasi muda sedini mungkin, yang sesuai dengan tujuan pendidikan anak usia dini yaitu membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap perilaku, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik. Penelitian ini pada hakekatnya bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang Analisis Identifikasi Pemafaatan Alat Permaian Edukatif (APE) Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Dimana hasil penelitian ini pada akhirnya diperoleh data yang menggambarkan Analisis Identifikasi Pemafaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini.

Berdasarkan data yang diperoleh  menunjukan bahwa APE yang banyak digunakan atau dimanfaatkan  guru untuk stimulasi tumbuh kembang motorik halus anak adalah bahan alam yang terdiri dari barang bekas seperti kertas bekas yang akan di sobek dan dibuat bubur kertas 88,8%. Tetapi pemanfaatan Koran bekas yang lebih mudah untuk dibentuk dan diekmbangkan pada kegiatan dan stiulasi asek lain maah jarang digunakan (33,3%) Bahan alam yang mudah didapat seperti serbuk gergaji, pasir  dan air dan sejinisnya 83,3% guru sangat sering menggunakannya dalam proses pembelajaran. Hal yang juga sering dimanfaatkan guru adalah meronce manic-manik yakni 72,2%, alat mencocok 77,8%.


Keywords


APE, Motorik halus

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Badru Zaman, dkk. 2007. Media Dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Decaprio, Richard. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik Di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. 2003. Pembuatan dan Penyelenggaraan Alat Permainan EdukatifAnak Usia 3-6 Tahun. Jakarta: Depdiknas.

Hurlock, Elizabeth B. 1998. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Jatmika, Yusep Nur. 2012. Ragam Aktivitas Harian Untuk Playgroup. Jogjakarta: Diva Press.

Kompasiana. 2013. Melatih Kemampuan Motorik Halus Pada Anak-Anak Khusus. http:/edukasi.kompasiana.com//melatih-kemampuan-motorik-halus-pada-anak-anak-khusus-523910.html.29/01/2013

Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. 2002. Ditjen Olahraga Depdiknas.

Nurliana. 2012. Identifikasi Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Al-Ikhlas Dasan Cermen Tahun Pelajaran 2012-2013. Mataram.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Menteri Pendidikan.

Sugiyono. 2011. Metode Pnelitian Kualitif-Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini, Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Wiyani, Novan Ardy & Barawi. 2012. Format PAUD: Konsep, Karakteristik, & Implementasi Anak Usia Dini. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.14855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats