PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN ATURAN MAIN PADA KEGIATAN BERMAIN DI SENTRA KELOMPOK A2 TK ABA JOGOKARYAN

Tsany Nur Farhani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok A2 di TK ABA Jogokaryan Jogjakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kurt Lewin. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A2 di TK ABA Jogokaryan Jogjakarta yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data digunakan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan aturan main pada kegiatan bermain di sentra dapat meningkatkan keterampilan sosial anak A2 di TK ABA Jogokaryan Jogjakarta. Peningkatan dari pra tindakan ke Siklus I sebesar 33,3% dan dari Siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebanyak 20%. Anak yang berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan pada Siklus II sebesar 80%. Adapun keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah sebagai berikut: (1) menyiapkan media di setiap sentra (2) memberikan kesempatan kepada anak untuk berekspolasi sesuai gagasannya di setiap sentar (3) menerapkan aturan main yang telah disepakati bersama di sentar (4) memberi reward bagi yang mengikuti aturan main di sentra (5) memberi punishment bagi yang belum mengikuti aturan main.

 

Kata kunci: keterampilan sosial, aturan bermain di sentra


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak



Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats