PERAN MEDIA CERITA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK MELALUI KEGIATAN SHOW AND TELL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media cerita berupa foto dan gambar hasil karya anak terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di TK ABA Pantisiwi Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK ABA Pantisiwi Bantul yang berjumlah 40 anak.Obyek penelitian ini adalah kemampuan berbicara.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan tes.Instrumen yang digunakan adalah dengan lembar observasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah dengan menghitung mean pre-test dan mean post-test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran media cerita berupa foto mampu mengembangkan kemampuan berbicara anak sebesar 70,61%, sedangkan media gambar dari hasil karya anak mampu mengembangkan kemampuan berbicara sebesar 55,3%.
Kata kunci: media, foto, hasil karya, kemampuan berbicara.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12365
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak
Our Journal indexed by:
Supervised by:
Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.
Jurnal Pendidikan Anak Stats