Pelatihan Penanganan Bullying Pada Anak TK

Muthmainnah Muthmainnah,
Budi Astuti,
Arumi Savitri Fatimaningrum,

Abstract


Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru TK dalam menangani bullying di TK. Khalayak sasaran dalam program ini adalah guru TK di wilayah Imogiri Bantul yang berjumlah 31 orang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan diskusi, danpresentasi. Pelatihan penanganan bullying  pada anak TK  dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang pengertian bullying, jenis dan dan dampaknya bagi anak,serta penanganan yang tepat bagi pelaku, korban atau teman yang melihat tindak bullying serta orang tua. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan dan evaluasi penanganan masalah bullyingyang telah mencapai indikator keberhasilan melebihi 80 %. Berdasarkan hasil penyebaran skala tentang penyelenggaraan kegiatan dapat disimpulkan bahwa 100 % guru TK (31 peserta) merasa materi disampaikan dengan jelas dan sesuai serta bermanfaat bagi peserta. Berdasarkan  rubrik penilaian dalam diskusi penanganan bullying, 5(lima) kelompok mencapai kriteria baik dalam merancang penanganan bullying, baik untuk pelaku bullying, korban bullying, teman yang melihat bullying maupun penanganan untuk orang tua.

 

Kata Kunci: penanganan, bullying, anak TK

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v3i2.11701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Anak



Our Journal indexed by:

     

Supervised by:

RJI Main logo



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Anak is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa.

Jurnal Pendidikan Anak Stats