Profil Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri dan Swasta di Kabupaten Sumedang
Abstract
Dalam sebuah organisasi baik formal maupun non formal dibutuhkan adanya seorang pemimpin. Dalam lembaga pendidikan sosok pemimpinnya yaitu kepala sekolah yang memiliki peran penting dalam menentukan dan mengelola sekolah. Status sekolah memiliki fungsi penting untuk kepemimpinan kepala sekolah yaitu antara sekolah negeri dengan sekolah swasta tentu memiliki perbedaan yang berpengaruh terhadap kebijakan sistem kepemimpinan yang akan dilakukan kepala sekolah. Sekolah negeri sering dianggap memiliki pemimpin yang unggul yang dibuktikan dengan sekolah favorit siswa dan identik dengan aturan yang tegas yang dibuat kepala sekolah untuk memajukan sekolah dan warga sekolah dari berbagai lingkup. Begitu pula dengan sekolah yang umum dengan yang kental dengan agama tentu memiliki sistem kebijakan kepala sekolah yang berbeda dengan sekolah umum. Dengan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh status sekolah terhadap kebijakan sistem kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus menggunakan teknik wawancara tidak langsung yaitu menggunakan google form dengan responden sebanyak 30 orang kepala sekolah Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari berbagai sekolah baik yang berstatus negeri maupun swasta di Sumedang. Dalam hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa status sekolah memiliki pengaruh terhadap pengambilan sistem kebijakan kepemimpinan yang dilakukan kepala sekolah untuk memajukan kualitas sekolah yang dipimpinnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asep Suryana & Dedy Achmad Kurniady. (2018). Administrasi Pendidikan Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.
Cahyono, E. T. (2022). Kepemimpinan Efektif Bagi Generasi Milenial. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 641. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i2.6269
Hadari Nawawi, dan Martini Hadari. (2012). Kepemimpinan Yang Efektif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Hamidi, Nuzuwar, & Nurmal, I. (2019). Peran Kepala Sekolah sebagai Administrator dan Supervisor. Administratioon and Educational Management, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i1.743
Hartini, U., Husna, U., & Masluyah. (2017). Pengaruh Kepala Sekolah Sebagai Leader Dan Pemberian Motivasi Kerja Terhadap Disiplin Kerja Guru SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12).
Isnaini, M. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Seorang Supervisor dalam Pengawasan Kinerja Guru di Sekolah Dasar. El-Tsaqafah Jurnal Jurusan PBA, 18(2), 215–288.
Khamdani, P. (2014). Jurnal Madaniyah Edisi VII Agustus 2014 ISSN 2086-3462. Madaniyah Edisi VII, VIII(2), 259–276.
Kurnia Sari, M. (2019). Kepemimipinan Pendidikan. 1–3.
Moleong. (2002). Metode Penulisan Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
MPR. (2019). Undang-Undang Dasar 1945 (Amandemen). Jakarta: Efullama.
Nur Amin, S. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Mutu Sumber Daya Pendidik Di Sekolah. Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 76–86. https://doi.org/10.34001/intelegensia.v9i1.2058
Nasution, W. N. (2015). Kepemimpinan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, 22(1), 66–86. https://doi.org/10.30829/tar.v22i1.6
Nurdin, M., & Usman, H. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Taliwan Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(2), 203–218. https://doi.org/10.21831/amp.v1i2.2395
Pratiwi, D., & Afriansyah, H. (2020). Kepemimpinan Pendidikan. https://doi.org/10.31219/osf.io/rck3d
Priansa & Doni Junidan. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Rusydi Syadzili, M. F. (2018). Model Kepemimpinan Dan Pengembangan Potensi Pemimpin Pendidikan Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 4(2). https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i2.61
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Tindakan Kelas) (3 ed.). Bandung: CV Alfabeta.
Suhardiman B. (2012). Studi Pengembangan Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Supriadi, H. M., Sauri, S., & Soro, S. H. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama di SMPN 3 dan SMPN 33 Kota Bandung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 705–713. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.455
Tutin Aryanti, V. A., D. S. (2020). Penelitian Kualitatif: Konsep Dasar dan Isu Metodologis. Bandung: UPI PRESS.
Wahjo Sumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya (III). Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v4i1.48239
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License