Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Profesionalitas Guru Sekolah Dasar di Pedesaan

Edi Harapan, Universitas PGRI Palembang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap profesionalitas guru sekolah dasar negeri (SDN) di pedesaan. Penelitian dilakukan di Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Musi Banyasin, Sumatera Selatan. Populasi penelitian yaitu 111 guru SDN yang telah bersertifikat pendidik. Sampel penelitian berjumlah 53 orang yang diambil secara ajak dari populasi berdasarkan rumus Taro Yaname dan Slovin dengan presisi 10%. Hasil penelitian menunjukkan motivasi kerja guru di pedesaaan masih rendah dan belum memberikan pengaruh yang signifikan terhadap profesionalitasnya. Selain itu, guru juga mengalami hambatan untuk mengembangkan profesionalitasnya. Penelitian ini menyarankan agar pemerintah daerah memberikan stimulus dan dorongan kepada guru di pedesaan untuk senantiasa mengembangkan profesionalitasnya.

Keywords


motivasi kerja, profesionalisme guru

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abu. (2003). Ilmu sosial dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. (2012). Pendidikan karakter di sekolah membangun karakter. kepribadian anak. Bandung: Yrama Widya.

Badeni. (2014). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Bandung: Alfabeta.

Harapan, Edi. (2016). Kinerja guru pasca sertifikasi (studi pada guru penerima sertifikasi di provinsi sumatera selatan). Prosiding Seminar Nasional PPs Universitas PGRI Palembang.

Harapan, Edi. (2007). Faktor-faktor determinan yang mempengaruhi profesionalitas dosen pts. Disertasi. Bandung: UPI Bandung (Tidak diterbitkan).

Hamalik, Oemar. (2012). Manajemen pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Isroni. (2016). Hubungan motivasi kerja, masa kerja, dan kesejahteraan dengan profesionalisme guru sekolah dasar negeri di kecamatan grabag kabupaten magelang. Tesis.Universitas PGRI Semarang.

Kesumawati, Nila., Margareta, A., & Sari, N. (2018). Pengantar statistik penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kesumawati, Nila & Aridanu, Ichwan. (2017). Statistik parametrik penelitian pendidikan. Palembang: Noer Fikri.

Riduwan., & Achmad, E. K. (2011). Cara menggunakan dan memaknai path analysis (analisis jalur), Edisi Revisi, Cetakan Ketiga. Bandung: Alfabeta.

Rohma, Siti., Harapan, Edi., & Wardiah, Dessy. (2020). The influence of school-based management and teacher’s professionalism toward teacher’s performance. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 13-23. Retrieved from https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jswse/article/view/6

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Dede. (2012). Pengaruh kepemimpinan dan pengembangan karir terhadap motivasi kerja: Kasus karyawan PT. Indorama Synthetic Tbk. Artikel Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi 4.

Soetjipto & Kosasi, Raflis. (2018). Profesi keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno, Edy. (2017). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Prenandamedia Group.

Suwarno, Bambang. (1986). Pengukuran pengaruh dalam ilmu statistik. Bandung: UPI Tidak diterbitkan.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Uno, Hamzah B. (2013). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi, Bambang. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: Alfabeta.

Winardi. (2019). Manajemen perilaku organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zulkifli. (2014). Motivasi kerja, sertifikasi, kesejahteraan dan kinerja guru. Artikel. Jurnal Psikologi Indonesia Untag Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jump.v1i2.42351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats