PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI TEKS DESKRIPTIF UNTUK SISWA SMP/MTs
Abdul Gafur, Fakultas Ilmu Sosial UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif bahasa Inggris materi teks dekriptif untuk siswa SMP/MTs, (2) mengetahui tingkat kelayakan dan efektivitas produk multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan untuk pembelajaran bahasa Inggris materi teks dekriptif untuk siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model Borg and Gall dan model desain pembelajaran Dick & Carey yang terdiri dari analisis kebutuhan, desain pembelajaran, pengembangan produk, validasi dan revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Efektivitas produk dianalisis menggunakan rumus N-gain (hasil belajar yang dinormalisasi). Hasil penelitian menunjukkan: (1) produk yang dihasikan adalah multimedia interaktif yang terdiri dari kompetensi, materi, glossary, evaluasi, dan games, (2) produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran; (3) efektivitas pengembangan produk termasuk dalam kategori tinggi.
Keywords
pengembangan multimedia; pembelajaran Bahasa Inggris
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7611
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Erma Riana, Abdul Gafur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics