APLIKASI MODEL COMPONENT DISPLAY THEORY (CDT) DALAM PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATAKULIAH JARINGAN KOMPUTER
Suryanto Suryanto, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan produk program pembelajaran multimedia interaktif berbasis CDT yang diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi mata kuliah Jaringan Komputer sesuai skill yang diharapkan; (2) menguji kelayakan media pembelajaran ditinjau dari aspek isi/materi, media dan pembelajaran. Metode penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan multimedia ini dilakukan melalui tahapan: analisis, desain, pengembangan, evaluasi dan revisi. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi. Data berupa hasil penilaian melalui kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, serta data kualitatif lainnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saran-saran yang diperoleh digunakan sebagai dasar untuk merevisi produk. Hasil penelitian adalah: (1) produk program pembelajaran multimedia interaktif mata kuliah Jaringan Komputer berbasis CDT (Component Display Theory) dalam bentuk CD yang memiliki kelayakan kriteria baik dari aspek isi/materi, media, dan pembelajaran. Aplikasi model Component Display Theory (CDT) dalam pengembangan multimedia interaktif yang digunakan dalam penelitian ini memiliki kelayakan kriteria baik digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah Jaringan Komputer.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/tp.v2i2.7608
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Rr. Eny Kuswandari, Suryanto Suryanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics