Primary school teacher education students' response to the use of Zoom meeting breakout rooms for small group discussions
Desy Rosmalinda, Universitas Jambi, Indonesia
Issaura Sherly Pamela, Universitas Jambi, Indonesia
Zareena J.M., National Institute of Technology Hamirpur, India
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggreni, N. L. O. (2019). Prestasi belajar bahasa Indonesia siswa sekolah dasar dapat ditingkatkan melalui optimalisasi penerapan metode diskusi kelompok kecil (small group discussion). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3, 201-208.
Cahyo, K. N., Martini, & Riana, E. (2019). Perancangan sistem informasi pengelolaan kuesioner pelatihan pada PT Brainmatics Cipta Informatika. Journal of Information System Research (JOSH), 1(1), 45–53. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josh/article/view/44
Fauzan, M. F., Nadhir, L. A., Kustanti, S., & Suciani, S. (2022). Pembelajaran diskusi kelompok kecil : seberapa efektif kah dalam meningkatkan keterampilan berfikir kritis pada siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1805–1814. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1805-1814.2022
Fikri, A. A., Nurona, A., Saadah, L., Nailufa, L. E., & Ismah, V. (2021). Keterampilan guru dalam membimbing diskusi pada pembelajaran abad 21. Journal of Education and Teaching, 2(1), 1–7.
Hayun, S. (2019). Jurnal ilmiah wahana pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(3), 77–90. https://doi.org/10.5281/zenodo.3386561
Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2020). Peran Seorang guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628
Kemendikbud. (2020). Salinan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia nomor 3 tahun 2020 tentang standar nasional pendidikan tinggi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kurniawan, Y., & Roniwijaya, P. (2015). Penerapan strategi belajar diskusi kelompok kecil/buuz group untuk meningkatkan proses dan hasil belajar pendidikan dasar otomotif mata diklat alat ukur di Kelas 10 TKR D SMKN 1 Sedayu Tahun 2014/2015. 3(2), 704–712.
Lathifah, A. S., Istikomayanti, Y., & Mitasari, Z. (2021). Kepercayaan calon guru sebagai faktor keberhasilan pembelajaran berpusat pada siswa. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 9–18. https://doi.org/10.33366/ilg.v4i1.2477
Lestari, P., & Sukanti. (2016). Membangun karakter siswa melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan hidden curriculum di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 71–96. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1367
Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Tarbawi : Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(1), 27–44. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.913
Perawati, N. M. (2021). Penerapan metode diskusi kelompok kecil dalam model pembelajaran think-talk-write sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas x. Journal of Education Action Research, 5(1), 145–150. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.31931
Prasetyo, M. S. A. (2022). Analisis kesulitan belajar pembelajaran daring siswa Kelas IV SDN 02 Purbosari Kabupaten Temanggung. Praniti Jurnal Pendidikan, Bahasa, & Sastra, 2(2), 138–145.
Putri H., R. E., & Wulandari, T. A. (2020). Pemanfaatan aplikasi Zoom cloud meeting sebagai media e-learning dalam mencapai pemahaman mahasiswa di tengah pandemi covid-19. Jurnal Common, 4(2), 171–190. https://doi.org/10.34010/common.v4i2.4436
Rahman, M. S. (2019). Aplikasi rekapitulasi kuesioner hasil proses belajar mengajar pada STMIK Indonesia Banjarmasin menggunakan java. Technologia: Jurnal Ilmiah, 10(3), 165–171. https://doi.org/10.31602/tji.v10i3.2231
Ratnadi, N. K. S. (2018). Metode diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 8(3), 156–164.
Rizal, R., Surahman, S., Rahayu, D. T., Lapasere, S., Hariana, K., & Sari, M. (2022). Inovasi guru dalam Pembelajaran IPS pada masa pandemi covid-19 di Kelas V SD Integral Hidayatullah Tondo. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 8(1), 32–38. https://doi.org/10.30596/edutech.v8i1.9352
Rohima, R., Wardhani, S., & Sumah, S. W. A. (2021). Analisis keterampilan mengajar guru ipa pada masa pandemi di SMP Islam Terpadu Se-Kota Palembang. BIODIK, 7(4), 136–144. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14523
Rusmiati, N. M. (2022). Upaya meningkatkan prestasi belajar PPKn siswa kelas vi melalui metode diskusi kelompok kecil. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45486
Sari, A. N., Subanji, S., & Sisworo, S. (2021). Analisis interaksi siswa pada aktivitas diskusi kelompok dalam pembelajaran matematika secara daring. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2636–2651. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.949
Suandi, I. N. (2022). Metode diskusi kelompok untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas vi SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 135–140. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/45083
Tambunan, P., Ardhiansyah, M. F., & Kurniawan, M. G. (2020). Pengaruh suasana lingkungan belajar terhadap konsentrasi belajar siswa dalam mata pelajaran produktif. Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 9(3), 175–182.
https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i3.16674
Wijayanti, W. (2011). Student centered: Paradigma baru inovasi pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1(7), 64–75.
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran guru dalam pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom : Jurnal Media dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v11i1.66419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Risdalina Risdalina, Desy Rosmalinda, Issaura Sherly Pamela, Zareena J.M.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics