Pengembangan Aplikasi Hybrid Mobile Sosiometri sebagai media pendukung pembelajaran di laboratorium bimbingan konseling

Agus Nur Khomarudin, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Indonesia
Rina Novita, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Indonesia
Rezza Shafitri Anita, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

Abstract


Sosiometri merupakan instrumen pengukuran hubungan sosial pada sebuah kelompok individu dengan dasar penelitian terhadap relasi sosial dan status sosial dari setiap anggota dalam kelompok tersebut. Saat ini pelayanan instrumen sosiometri di laboratorium bimbingan konseling Universitas Islam Negeri Bukittinggi menggunakan teknik offline, yaitu dengan menggunakan aplikasi Ms.Excel yang dan dikombinasikan dengan Ms.Acces sehingga hanya dapat berfungsi dan beroperasi secara intranet di labor saja. Selain itu aplikasi yang ada saat ini telah lama berakhir masa berlakunya atau telah expired. Permasalahan selanjutnya yaitu aplikasi sosiometri tersebut belum dapat menampilkan laporan sosiometri secara grafik atau yang dikenal dengan sosiogram. Metode penelitian ini termasuk dalam metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan sistemnya adalah System Development Life Cycle versi waterfall dengan tahapannya: Communication, Planning, Modeling, Construction, Deployment. Dari uji produk yang dilakukan, diperoleh hasil: uji validitas diperoleh nilai 0,85 dengan kriteria valid, uji praktikalitas diperoleh nilai 0,83 dengan kriteria sangat praktis dan uji efektivitas diperoleh nilai 0,75 dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil uji produk yang telah diuraikan, disimpulkan bahwa produk penelitian ini yaitu aplikasi mobile sosiometri layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di laboratorium Bimbingan Konseling, UIN Bukittinggi.


Sociometry is an instrument for measuring social relations in a group of individuals based on research on each group member's social relations and social status. Currently, the service of sociometric instruments at the Guidance and Counseling laboratory of UIN Bukittinggi has used the Ms.Excel application combined with Ms.Acces. However, it can only function and operate via the intranet in the laboratory and has long expired or expired. In addition, the sociometric application has not been able to display sociometric reports graphically, known as sociograms. This study aims to produce a hybrid sociometric mobile application in the Counseling Guidance laboratory as a valid, practical, effective learning support media. This research method is included in the Research and Development (R&D) research and development method. The system development model is the Waterfall version of the System Development Life Cycle with the stages: Communication, Planning, Modeling, Construction, and Deployment. From the product test carried out, the results obtained: the validity test obtained a value of 0.85 with valid criteria, the practicality test obtained a value of 0.83 with convenient criteria, and the effectiveness test obtained a value of 0.75 with very effective criteria. It is concluded that the sociometric mobile application can be used as a learning medium in the Counseling Guidance laboratory.


Keywords


Aplikasi sosiometri; laboratorium bimbingan konseling; mobile sociometric; sociometry application; mobile sociometry; counseling guidance laboratory

Full Text:

PDF

References


Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012

Andrianti, A. (2020). Perancangan aplikasi sosiometri pada rumah sakit bhayangkara mayang mangurai jambi. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 14(2), 111. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2020.14.2.871

Darmawan, M. R., & Musril, H. A. (2021). Perancangan sistem pendaftaran audiens seminar proposal di institut agama islam negeri (IAIN) bukittinggi. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 11(1), 26–39. https://doi.org/10.34010/jati.v11i1.3346

Efriyanti, L., Khomarudin, A. N., & Novita, R. (2021). Pengembangan multimedia berbasis mobile learning dalam pembelajaran model simulasi pada keilmuan komputer. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.42635

Erdoğan, A. (2013). The emergence and development of sociometry. Turkish Journal of Sociology, 3(27), 409–414. https://www.academia.edu/6721217/The_Emergence_and_Development_of_Sociometry_Aynur_Erdo%C4%9Fan

Firda, E., & Atikah, J. F. (2020). Layanan bimbingan dan konseling ditengah pandemi covid-19. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 490–494. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v1i1.77

Hamdani, D. S. Al. (2013). Mobile learning: a good practice. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 103, 665–674. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.386

Johari, S. H., Fuad Mohd Karim, D. N., Akhwan, S. N. A., Nabila, R., & Apdal, J. (2019). Counselor’s role in truancy. International Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(32), 367–378. https://doi.org/10.35631/IJEPC.4320031

Khomarudin, A. N., & Efriyanti, L. (2018). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada mata kuliah kecerdasan buatan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 3(1), 72. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.543

Mayati, S., Supriadi, S., & Khomaruddin, A. N. (2021). Perancangan aplikasi e-discussion pada SMA Negeri 1 banuhampu. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 11(2), 118. https://doi.org/10.22303/csrid.11.2.2019.118-129

Permatasari, Y., Suhaili, N., & Firman, F. (2021). Inovasi program layanan BK berbasis digital pada masa pandemi covid-19. Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 7(1), 38–44. https://doi.org/10.15548/atj.v7i1.2921

Rumiyati, A. T. (2015). Konsep dasar sosiometri. In Modul (pp. 1–22). https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/SATS4224-M1.pdf

Sagita, R., Azra, F., & Azhar, M. (2017). Pengembangan modul konsep mol berbasis inkuiri terstruktur dengan penekanan pada interkoneksi tiga level representasi kimia untuk kelas x sma. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 1(2), 25. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.48

Shalahuddin, Muhammad Sukamto, R. A. (2011). Rekayasa perangkat lunak (terstruktur dan berorientasi objek). Informatika Bandung.

Siregar, S. W. (2019). Penggunaan Instrumen Sosiometri dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling …, 1, 143–156. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Irsyad/article/view/1799

Sudarmiyati, S. (2018). Layanan bimbingan dan konseling di era digital. PROSIDING SEMINAR NASIONAL Strategi Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Disrupsi, 159–166. http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/bk2018/bkk20188/paper/view/2584

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian dan pengembangan research and development (R&D). Alfabeta.

Suraseth, C., & Koraneekij, P. (2022). Development of a sociometric web application to study the relationship among secondary school learners. Heliyon, 8(8), e10105. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10105

van den Berg, Y. H. M., & Cillessen, A. H. N. (2012). Computerized sociometric and peer assessment: An empirical and practical evaluation. International Journal of Behavioral Development, 37(1). https://doi.org/10.1177/0165025412463508

Warsita, B. (2014). Landasan teori dan teknologi informasi dalam pengembangan teknologi pembelajaran. Jurnal Teknodik, XV(1), 84–96. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.91

Yusri, Y., & Yendi, F. M. (2017). Pelatihan pemanfaatan program analisis sosiometri dalam pelayanan bimbingan dan konseling bagi konselor. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.24036/4.115

Zakir, S., Maiyana, E., Nur Khomarudin, A., Novita, R., & Deurama, M. (2021). Development of 3D animation based hydrocarbon learning media. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1), 012008. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012008




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v9i3.52232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics