Efektivitas sirkuit keuangan syariah sebagai media edukasi Simpel Bank Syariah untuk anak usia SD

Moh. Yusron, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
Arin Setiyowati, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
Fatkur Huda, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas media SIKUSA dalam upaya meningkatkan literasi keuangan syariah pada anak-anak usia sekolah dasar, khususnya di kawasan Tempurejo Surabaya.  Jenis penelitian yang digunakan adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kawasan Tempurejo Surabaya, dan subjek penelitian ini ialah anak usia sekolah dasar kelas 4 hingga kelas 6. Hasil penelitian diperoleh bahwa Sirkuit Keuangan Syariah (SIKUSA) didesain dengan memadukan unsur visual dan motorik anak saat memainkan media ini yakni dengan cara menjalankan mobil menggunakan remote control untuk melewati beberapa pos yang sudah ada tentang alur menabung di bank syariah. Setiap memasuki suatu pos, mobil harus berhenti, lalu pemain SIKUSA harus membaca hingga mensimulasikan perintah maupun tahapan dalam pos tersebut. Karena poses edukasi dilakukan sambil bermain dan simulasi secara langsung, maka media SIKUSA ini menunjukkan efektivitasnya sebagai media edukasi simpanan pelajar (SimPel) bank syariah dan meningkatkan literasi keuangan syariah bagi anak usia sekolah dasar (SD) di Tempurejo Surabaya.

 

This study aims to analyze the effectiveness of SIKUSA media in improving Islamic financial literacy in elementary school-age children, especially in the Tempurejo area of Surabaya. The type of research used is a field study with a qualitative approach. Data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documentation. This research was conducted in the Tempurejo area of Surabaya, and the subjects in this study were elementary school-aged children in grades 4 to 6. The results showed that the Islamic Financial Circuit (SIKUSA) was designed by combining visual and motorik elements of children when playing this media, namely by running the car using a remote control to pass through several existing posts regarding the flow of saving in Islamic banks. Every time they enter a post, the car must stop, then the SIKUSA player must read to simulate the commands and stages in the post. Because the educational process is carried out while playing and simulating directly, the SIKUSA media shows its effectiveness as an educational media for Islamic bank student savings (SimPel) and increases Islamic financial literacy for elementary school-aged children (SD) in Tempurejo Surabaya.

Keywords


Keuangan Syariah; Literasi; Media Edukasi; Sekolah Dasar. SIKUSA; Syariah Financial; Literacy; Educational Media; Elementary School; SIKUSA

Full Text:

PDF

References


AA. (2022). Hasil wawancara dengan informan AA usia 12 tahun kelas 6 sd.

Amalia, I. A. (2018). Aspek Perkembangan Motorik Dan Hubungannya Dengan Aspek Fisik Dan Intelektual Anak. Jurnal Pendidikan Anak Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Awlady), 1–12. https://doi.org/10.24235/awlady.v2i1.760

ANTARA JATIM. (2021). OJK: Indeks literasi keuangan di Jatim meningkat. 25 Agustus. https://jatim.antaranews.com/berita/517382/ojk-indeks-literasi-keuangan-di-jatim-meningkat#:~:text=Surabaya %28ANTARA%29 - Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional,wilayah setempat dari 73%2C2 persen menjadi 87%2C96 persen.

Asyhad, M., & Handono, W. A. (2017). Urgensi literasi keuangan syariah. MIYAH: Jurnal Studi Islam, 13(01), 126–143.

Bank Syariah Indonesia. (2021a). Keunggulan tabungan SimPel BSI. 22 September.

Bank Syariah Indonesia. (2021b). Persyaratan Membuka Tabungan SimPel BSI. 22 September.

Febrini, D. (2017). Psikologi pembelajaran. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar.

Ghony, M. D., & Almanshur, F. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 61, 177–181.

Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2012). Gaya belajar: Kajian teoritik.

Haryati, P., Hidayati, A., Rodliyah, I., Laili, C. N., & Saraswati, S. (2020). Sosialisasi lterasi keuangan syariah pada anak usia dini. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 136–145. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6584

HM. (2022). Hasil wawancara dengan ibu HM usia 45 tahun.

Indra, I. (2020). Analisis pengaruh financial knowledge, financial attitude, financial behavior, financial socialization agents dan money attitude terhadap tingkat financial literacy generasi z di kota Batam. Universitas Internasional Batam.

JATIM, K. (2019). Indeks literasi keuangan Jawa Timur.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2013). Www.Kemenag.Com. Badan Pusat Statistik.

KNEKS. (2021). Pentingnya Kurikulum Ekonomi Syariah di SMA. 22 September.

MR. (2022). Hasil wawancara dengan informan MR usia 11 tahun kelas 5 sd.

Muhaeni, S. N., Apsari, P. I., Yusron, M., & Setiyowati, A. (2022). Analisis penerapan strategi pemasaran produk tabungan easy wadiah. Musyarakah: Journal of Sharia Economic (MJSE), 2(1), 29–42. https://doi.org/10.2426/10.24269

Nasional, K., Syariah, K., Pendidikan, D., Riset, D. A. N., & Syariah, K. (2019). Kerangka acuan akademik program studi S1 ekonomi syariah. Direktorat Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

Notoatmodjo, S. (2010). Promosi kesehatan teori Dan aplikasi (revisi). Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2011). Kesehatan masyarakat ilmu dan seni.

Otoritas Jasa Keuangan. (2018). Indeks literasi keuangan global.

Otoritas Jasa Keuangan. (2019a). Survei nasional literasi dan inklusi keuangan 2019. Survey Report, 1–26.

Otoritas Jasa Keuangan. (2019b). Survei nasional literasi dan inklusi keuangan Indonesia 2019. Survey Report, 1–26.

Otoritas Jasa Keuangan. (2021). Strategi nasional literasi keuangan Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan, 378.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2021). LITERASI KEUANGAN BAGI ANAK USIA DINI: APA PENTINGNYA? Sikapiuangmu.Ojk.Go.Id. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20629

Qomar, M. N. (2018). Pengembangan media pembelajaran monopoli akad syariah (MONASY) untuk meningkatkan literasi keuangan syariah. In Seminar Nasional Unisla.

Rusman, M. P. (2017). Belajar & pembelajaran: Berorientasi standar proses pendidikan. Prenada Media.

Sari, A. N., & Kautsar, A. (2020). Analisis pengaruh literasi keuangan, financial technology, dan demografi terhadap inklusi keuangan pada masyarakat di kota Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1233–1246. https://doi.org/10.26740/jim.v8n4.p1233-1246

Setyowati, A., & Lailatullailia, D. (2020). Literasi keuangan syariah melalui media edukatif untuk anak usia sekolah dasar di SD Muhammadiyah Surabaya. Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.30651/hm.v1i1.4542

Siagian, S. P. (2008). Pengertian efektivitas pembelajaran.

SP. (2022). Hasil wawancara dengan ibu SP.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan r&d. Alfabeta.

Suharto. (1995). Kamus umum bahasa Indonesia. PT. Indah.

Sunaryo, Y., & Nuraida, I. (2020). Pelatihan menjadi enterpreneur melalui konsep program linear dan software wolfram mathematica. Abdimas Galuh, 2(1), 53–64.

Supardi. (2013). Sekolah efektif. PT. Raja Grasindo Persada.

Sutopo, H. B. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Surakarta: sebelas maret university press.

Syaodih, N., & Ibrahim, R. (2003). Perencanaan pengajaran. In Jakarta: Rineka Cipta.

Tika. (2022). Hasil wawancara dengan customer service BSI KC Rungkut I.

Usman, M. B., & Asnawir, H. (2002). Media pembelajaran. Ciputat Pers.

Yusriani, Y. (2020). Pengaruh produk tabungan simpel bank BNI terhadap motivasi menabung siswa pada MA YMPI Rappang. IAIN Parepare.

Yusuf, S. (2020). Literasi keuangan syariah pada pendidikan dasar: Tinjauan teoritis dan empiris. Eco-Iqtishodi Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(2), 116–122.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v9i2.50442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Moh. Yusron, Arin Setiyowati, Fatkur Huda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics