Pengaruh penggunaan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar matematika
Rufii Rufii, Universitas PGRI Adibuana Surabaya, Indonesia
Hari Karyono, Universitas PGRI Adibuana Surabaya, Indonesia
Abstract
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam memajukan berbagai disiplin ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk: 1.) Mengetahui perbedaan hasil belajar pada siswa yang belajar menggunakan aplikasi GeoGebra dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional (tanpa aplikasi) kelas XI; 2.) Mengetahui perbedaan hasil belajar pada siswa dengan gaya belajar visual, siswa dengan gaya belajar auditorial dan siswa dengan gaya belajar kinestetik kelas XI; dan 3.) Mengetahui pengaruh interaksi antara penggunaan aplikasi GeoGebra versus konvensional dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain true eksperimental. Sampel terdiri atas dua kelas yakni kelas control yang diberi perlakuan penggunaan aplikasi geogebra dan kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Penelitian dilakukan pada semester 2. Data dikumpulkan dengan metode tes, angket dan dokumentasi. Analisis data yang ditempuh dengan menggunakan uji two way anova (multivariate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.) Terdapat perbedaan hasil belajar pada siswa yang belajar menggunakan aplikasi GeoGebra dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional (tanpa aplikasi) kelas XI dengan perolehan nilai signifikan 0.000 < 0,05; 2.) Tidak ada perbedaan hasil belajar antara siswa dengan gaya belajar visual, siswa dengan gaya belajar auditorial dan siswa dengan gaya belajar kinestetik kelas XI dengan nilai yang diperoleh sebesar 0,27 > 0,05; dan 3.) Tidak ada pengaruh interaksi antara penggunaan aplikasi geogebra versus konvensional dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI dengan perolehan nilai signifikan 0,55 > 0,05.
The effect of using GeoGebra on mathematics learning outcomes
Abstract
Mathematics is a universal science that underlies the development of modern technology, has an important role in advancing various scientific disciplines. This study aim to 1.) To know the differences in learning outcomes for students who learn to use GeoGebra applications and students who learn to use conventional learning in class XI; 2.) To know the difference in learning outcomes for students with visual learning styles, students with auditory learning styles, and students with kinesthetic learning styles in class XI; and 3.) To know the effect of the interaction between the use of GeoGebra applications versus conventional and learning styles on students' mathematics learning outcomes in class XI. This research is experimental research using true design experimental. The sample consisted of two classes, namely the control class, which was treated with the use of the Geogebra application, and the experimental class, which was treated with conventional learning. The research was conducted in the second semester. Data was collected using the methods of tests, questionnaires, and documentation. Data analysis is taken by using a two-way ANOVA (multivariate) test. The results showed that: 1.) There were differences in learning outcomes for students who learn to use GeoGebra applications and students who learn to use conventional learning using class XI with a significant value of 0.00 < 0.05; 2.) There is no difference in learning outcomes between students with visual learning styles, students with auditory learning styles, and students with kinesthetic learning styles in class XI with the obtained value of 0.27 > 0.05; and 3.) Influence of interaction between the use of GeoGebra applications versus conventional and learning styles on students' mathematics learning outcomes on class XI with a significant value of 0.55 > 0.05.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.45080
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ahmad Suhaifi, Rufii Rufii, Hari Karyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics