Pengembangan framework pembelajaran kolaboratif untuk institusi pemerintah menggunakan ADDIE dan ISO 20000

Herman Saputra, Badan Pusat Statistik, Indonesia
Achmad Muchlis Abdi Putra, Badan Pusat Statistik, Indonesia

Abstract


Revolusi Industri 4.0 dan kondisi pandemi Covid-19 mendorong pemerintah untuk segera melakukan penyesuaian pada budaya kerja. Salah satu budaya kerja yang perlu disesuaikan adalah sistem pembelajaran untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN). Sistem pembelajaran konvensional perlu disesuaikan menjadi pembelajaran jarak jauh dengan pemanfaatan internet. Pengembangan sistem pembelajaran membutuhkan panduan agar sistem yang dibangun sesuai dengan target peserta didik, yaitu ASN. Diharapkan, sistem pembelajaran dapat membangun budaya kerja sama serta dikelola dengan standar manajemen layanan TI untuk menjamin keberlangsungan sistem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah framework pembelajaran untuk institusi pemerintah. Framework dikembangkan dengan menggunakan metode Design Science Research Methodology. Penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa sebuah Framework pembelajaran dapat dikembangkan dengan menggabung beberapa konsep seperti: multimedia, pembelajaran kolaboratif dengan independen konten, andragogi, dan ADDIE Model sebagai kerangka utama pembelajaran yang selanjutnya dipetakan ke dalam sebuah standar dalam manajemen layanan TI yaitu ISO 20000.

Development of collaborative learning frameworks for government institutions using ADDIE and ISO 20000

Abstract

4.0 Industrial Revolution and conditions of Covid-19 pandemic pushed the government to adjust their work culture immediately. One work culture that needs to be adjusted is the learning system for Civil Servants. The conventional learning system needs to be adapted into distance learning using the internet. The development of a learning system requires guidance so that the system is built according to the learners. Hopefully, the learning system can build a culture of cooperation and adopt IT service management standards to ensure the system's sustainability. This study aims to develop a learning framework for government institutions. The framework was developed using Design Science Research Methodology. This study has successfully shown that a learning framework can be developed by combining several concepts such as multimedia, collaborative learning with independent content, andragogy, and the ADDIE Model as the main learning framework, which is then mapped into ISO 20000 as a standard in IT service management.


Keywords


Andragogi; pembelajaran kolaboratif; multimedia; DSRM; ADDIE; ISO 20000; andragogy, collaborative learning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.36054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Herman Saputra, Achmad Muchlis Abdi Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics