Pengembangan multimedia pembelajaran matematika sebagai upaya mendukung proses pembelajaran blended learning
Ambiyar Ambiyar, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Fadhilah Fadhilah, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Syahril Syahril, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran matematika untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan melihat sejauh mana produk multimedia tersebut dapat dimanfaatkan siswa dalam upaya mendukung proses blended learning. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 07 Kota Padang dengan menggunakan metode Waterfall Model. Waterfall Model atau sering kali disebut sebagai classic life cycle adalah model pengembangan perangkat lunak yang menekankan fase-fase yang berurutan dan sistematis, dimulai dari analisis kebutuhan konsumen dan berkembang melalui proses perencanaan (planning), implementasi (implementation), pengujian (Testing), dan pemeliharaan (maintenance), yang berujung pada dukungan terus menerus untuk sebuah perangkat lunak yang utuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk multimedia yang dihasilkan adalah multimedia pembelajaran matematika untuk siswa SD. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat menciptakan proses pembelajaran online yang efektif dan terintegrasi antara guru dengan siswa. Mempermudah siswa-siswi sekolah dasar dalam belajar matematika dimanapun dan kapanpun. Produk multimedia yang dihasilkan layak sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil validasi oleh guru dan siswa, dengan hasil penilaian sangat baik (4,4).
Abstract
This study aims to produce multimedia learning mathematics products for elementary school (SD) students and see the extent to which these multimedia products can be used by students in an effort to support the blended learning process. This research was conducted at SD Negeri 07 Padang City using the Waterfall Model method. Waterfall Model or often referred to as the classic life cycle is a software development model that emphasizes sequential and systematic phases, starting from the specification of consumer needs and developing through the planning, modeling, construction, and development processes. deployment, which results in ongoing support for a complete piece of software. The results showed that the multimedia product produced was multimedia learning mathematics for elementary students. It can be concluded that this application can create an effective and integrated online learning process between teachers and students. Make it easier for elementary school students to learn mathematics anywhere and anytime. The resulting multimedia products are feasible as learning media based on the results of validation by teachers and students, with excellent assessment results (4,4).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, M. M., Purnama, B. E., & Nugroho, G. K. (2013). Pembangunan media pembelajaran teknik komputer jaringan kelas X semster ganjil pada Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bangsa Pati berbasis multimedia interaktif. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 4(3), 1-6. doi: http://dx.doi.org/10.1123/ijns.v4i3.295
Adiwisastra, M. F. (2015). Perancangan game kuis interaktif sebagai multimedia pembelajaran drill and practice untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Informatika, 2(1), 205-211. doi: https://doi.org/10.31294/ji.v2i1.67
Alwan, M. (2017). Pengembangan model blended learning menggunakan aplikasi Edmodo untuk mata pelajaran geografi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 65-76. doi: https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10505
Ambiyar, A., & Arif, A. (2018). Evaluasi dengan discrepancy model pada proses pembelajaran memperbaiki sistem starter dan sistem pengisian di SMK N 2 Sijunjung. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan: Research and Learning in Vocational Education, 1(1), 25-30. Retrieved from http://repository.unp.ac.id/16066/1/5.%20Ambiyar%2C%20Asril%20-Arif.pdf
Amin, A. K. (2017). Kajian konseptual model pembelajaran blended learning berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51-64. doi: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v4i2.55
Anisya, A., & Swara, G. Y. (2020). Aplikasi e-management project. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 8(1), 39-46. doi: http://dx.doi.org/10.21063%2Fjtif.2020.V8.1.39-46
Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh pembelajaran e-learning model web centric course terhadap pemahaman konsep dan kemandirian belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 1-12. doi: https://doi.org/10.22342/jpm.12.2.4152.1-12
Batubara, H. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27. doi: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952
Degeng, I. N. S. (2013). Ilmu pembelajaran: Klasifikasi variabel untuk pengembangan teori dan penelitian. Bandung: Kalam Hidup.
Firdaus, S., & Hamdu, G. (2020). Pengembangan mobile learning video pembelajaran berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) di sekolah dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) : Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 66-75. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um031v7i22020p066
Koesnandar, A. (2019). Pengembangan software pembelajaran multimedia interaktif. Jurnal Teknodik, 10(18), 75-88. doi: http://dx.doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.548
Kramer, M. (2018). Best practices in systems development lifecycle: An analyses based on the waterfall model. Review of Business & Finance Studies, 9(1), 77-84.
Liana, L. (2009). Penggunaan MRA dengan SPSS untuk menguji pengaruh variabel moderating terhadap hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Dinamik, 14(2), 90-97. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/95
Lidinillah, D. A. M. (2008). Strategi pembelajaran pemecahan masalah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10, 1-5. Retrieved from http://file.upi.edu/Direktori/KD-TASIKMALAYA/DINDIN_ABDUL_MUIZ_LIDINILLAH_(KD-TASIKMALAYA)-197901132005011003/132313548%20-%20dindin%20abdul%20muiz%20lidinillah/Pembelajaran%20Problem%20Solving%20di%20SD.pdf
Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186. doi: https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Marfalino, H., Guslendra, G., & Sari, A. M. (2017). Implementasi sistem informasi akuntansi pada Koperasi Anggrek II Jorong Pandan Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam didukung dengan menerapkan aplikasi sistem multiuser pada bahasa pemrograman Java dan Database MySQL. JTIP: Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 10(2), 59-72. doi: https://doi.org/10.24036/tip.v10i2.32
Marnita, M., Taufiq, M., Iskandar, I., & Rahmi, R. (2020). The effect of blended learning problem-based instruction model on students’ critical thinking ability in thermodynamic course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 430-438. doi: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.23144
Nasution, M. I. P. (2016). Strategi pembelajaran efektif berbasis mobile learning pada sekolah dasar. IQRA': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 10(1), 1-14. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Muhammad_Irwan_Nasution/publication/305207211_STRATEGI_PEMBELAJARAN_EFEKTIF_BERBASIS_MOBILE_LEARNING_PADA_SEKOLAH_DASAR/links/5784a40e08aee45b84445c13/STRATEGI-PEMBELAJARAN-EFEKTIF-BERBASIS-MOBILE-LEARNING-PADA-SEKOLAH-DASAR.pdf
Prihandoyo, M. T. (2018). Unified Modeling Language (UML) model untuk pengembangan sistem informasi akademik berbasis web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 126-129. doi: http://dx.doi.org/10.30591/jpit.v3i1.765
Purnamasari, S., & Herman, T. (2016). Penggunaan multimedia interaktif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis, serta kemandirian belajar siswa sekolah dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 178-185. doi: https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5140
Saputra, J. (2015). Penggunaan model problem based learning berbantuan e-learning dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan dampaknya terhadap kemandirian belajar mahasiswa (Unpublished doctoral dissertation). Universitas Pasundan Bandung, Indonesia.
Sasmito, G. W. (2017). Penerapan metode waterfall pada desain sistem informasi geografis industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 2(1), 6-12. doi: http://dx.doi.org/10.30591/jpit.v2i1.435
Setyadi, D. (2017). Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai sarana berlatih mengerjakan soal matematika. Satya Widya, 33(2), 87-92. doi: https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p87-92
Sujarweni, V. W., & Utami, L. R. (2019). The master book of SPSS. Anak Hebat Indonesia.
Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26-37. doi: https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.9723
Swara, G. Y. (2020). Pemanfaatan visualisasi 3D pada multimedia interaktif dalam pengenalan penyakit demam berdarah. Jurnal TeknoIf, 8(1), 19-24. doi: http://dx.doi.org/10.21063%2Fjtif.2020.V8.1.19-24
Wahyuningsih, D., & Budiningsih, C. A. (2014). Implementasi Blended Learning by the Constructive Approach (BLCA) dalam pembelajaran interaksi manusia dan komputer. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 15-27. doi: https://doi.org/10.21831/tp.v1i1.2456
Wibawanto, W. (2017). Desain dan pemrograman multimedia pembelajaran interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.
Wibowo, E. J. (2013). Media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa sekolah dasar kelas IV. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer, 2(1), 75-78. doi: http://dx.doi.org/10.0809/seruni.v2i1.584
Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). Penggunaan multimedia interaktif bermuatan game edukasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1024-1029. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9759
DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.35028
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ganda Yoga Swara, Ambiyar Ambiyar, Fadhilah Fadhilah, Syahril Syahril
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics