Pengaruh inkuiri terbimbing terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi di sekitar manusia dan kemandirian belajar IPA

Dindya Sisca Prahenti, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Rusijono Rusijono, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Andi Mariono, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemandirian belajar siswa dan kemampuan mengidentifikasi sumber-sumber energi yang ada di lingkungan sekitar manusia pada siswa kelas 2 Sekolah Dasar di Sinergia Worldwide Education Surabaya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD di Sinergia Worldwide Education Surabaya yang terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Waktu pelaksanaan penelitian adalah pada bulan Maret hingga April 2020, yaitu pada semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah Mann Whitney U-test dan Wilcoxon Sign-Test. Model Mann Whitney U-test dan Wilcoxon Sign-Test bertujuan untuk membandingkan hasil dari perolehan nilai pretest dan posttest yang didapatkan antar dua kelompok, serta untuk melakukan uji validasi instrumen penelitian yang digunakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan  terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemandirian siswa, karena model inkuiri terbimbing lebih efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa, serta terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan siswa dalam mengidentifikasi sumber-sumber energi yang ada di sekitar manusia, karena dengan menerapkan model inkuiri terbimbing siswa dapat lebih aktif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan materi.

Abstract

This study aims to determine the effect of the guided inquiry model on student learning independence and the ability to identify energy sources in the environment around humans in grade 2 elementary school students at Sinergia Worldwide Education Surabaya. This study's subjects were students of grade 2 Elementary School at Sinergia Worldwide Education Surabaya, which were divided into two classes, namely the control group and the experimental group. The time of research is from March to April 2020. The research method used is the Mann Whitney U-test and Wilcoxon Sign-Test. The Mann Whitney U-test and Wilcoxon Sign-Test models aim to compare the obtained pretest and post-test scores. The Mann Whitney U-test and Wilcoxon Sign-Test models were also used to test the research instruments' validation. The results of this study indicate that the guided inquiry model has an influence on students' independence because the guided inquiry model is more effective in increasing students' learning independence, and there is an influence of the guided inquiry model on students' ability to identify energy sources around humans, because by applying Guided inquiry model students can be more active in answering material questions.


Keywords


Inkuiri terbimbing; kemandirian belajar; kemampuan mengidentifikasi; ability to identify; guided inquiry; homeschooling; self-regulated learning

Full Text:

PDF

References


Ariefianto, L. (2017). Homeschooling: Persepsi, latar belakang dan problematikanya (Studi kasus pada peserta didik di homeschooling Kabupaten Jember). Jurnal Edukasi, 4(2), 21-26. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i2.5205

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

A'yuna, Q. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 2 Bandar Lampung (Unpublished doctoral dissertation). Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan, Indonesia.

Dewi, N. L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, 3. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/119287-ID-none.pdf

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair Jr, J. F., Matthews, L. M., Matthews, R. L., & Sarstedt, M. (2017). PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use. International Journal of Multivariate Data Analysis, 1(2), 107-123. doi: https://doi.org/10.1504/IJMDA.2017.087624

Munatri, S., Suyatna, A., & Yulianti, D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 4(1). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JT/article/view/10631/7261

Muhtartinah, Y. P. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan menggunakan metode eksperimen terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso (Unpublished bachelor's thesis). Universitas Jember, Indonesia.

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2005). Metode penelitian kuantitatif: Teori dan aplikasi. Raja Grafindo Persada.

Rahmaniar, A., Suhandi, A., & Sari, M. (2015, June). Ukuran pengaruh pendekatan interactive conceptual intruction pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan pemahaman konsep usaha dan energi siswa SMA. Prosiding Simposium Nasional dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 261-264. Retrieved from http://portal.fmipa.itb.ac.id/snips2015/files/snips_2015_asri_rahmaniar_9ca66e42203e58d4409750ebf1a60c51.pdf

Sugiyono, S. (2015). Statistik non-parametrik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, S. (2003). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanti, A., Murtini, W., & Harini, H. (2018). Development of web-based interactive multimedia for human resource management learning in vocational high schools. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(3), 300-312. doi: https://doi.org/10.21831/jpv.v8i3.20364

Wahyuni, R., Hikmawati, H., & Taufik, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 164-169. doi: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v2i4.308

Wibowo, E. P. (2016). Kompetensi guru dalam pemanfaatan sumber belajar by utilization di SDN Caturtunggal 6. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(5), 10-20. Retreived from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/2803

Wulandari, F. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 267-278. doi: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.259




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.34108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dindya Sisca Prahenti, Rusijono Rusijono, Andi Mariono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics