Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital

Riki Fajri Rahmat, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Lativa Mursyida, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Fahmi Rizal, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Krismadinata Krismadinata, Universitas Negeri Padang, Indonesia
Yuliawati Yunus, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang, Indonesia

Abstract


Penggunaan smartphone di kalangan pelajar sebagian besar digunakan untuk mengakses jejaring sosial dan belum menggunakan smartphone dalam poroses pembelajaran. Tujuan Penelitian ini untuk merancang media pembelajaran mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital berbasis android. Model yang digunakan adalah Instructional Development Institute (IDI) dalam metode pengembangan Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mobile learning berbasis android untuk mata pelajaran simulasi digital ini layak untuk dimanfaatkan sebagai media pendukung pembelajaran mandiri, sesuai dengan pengujian yang dilakukan terhadap aspek materi dan desain yang diujikan ke siswa didapatkan hasil untuk kelas kontrol sebesar 74,125% dan eksperimen sebesar 83,25%. Sehingga dapat diambil kesimpulan penggunaan media mobile learning berbasis android ini valid, praktis dan efektif digunakan pada mata pelajaran simulasi digital. Mobile learning simulasi digital ini dapat meningkatkan minat belajar siswa dan juga meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan untuk guru dan kepala sekolah SMKN 2 Padang agar dapat mempergunakan mobile learning dalam pembelajaran.

Kata kunci: mobile learning, research and development, simulasi digital

 

Development of learning media based on mobile learning in digital simulation subjects


Abstract

The use of smartphones among students is mostly used to access social networks and have not used smartphones in learning processes. The purpose of this study is to support mobile learning media on android-based digital learning. The model used is the Instructional Development Institute (IDI) in the Research and Development (R&D) development method. The results of this study indicate that android-based mobile learning for digital simulation subjects is feasible to be used as a supporting medium for independent learning, in accordance with tests conducted on material and design aspects that are tested for students who obtain results for the control class by 74.125% and trials for 83, 25%. It can be concluded that the use of mobile learning media based on Android is valid, practical and effective in digital simulation lessons. This digital simulation of mobile learning can increase student learning interest and also improve student learning outcomes. It is expected that teachers and principals of SMKN 2 Padang can use mobile learning in learning.

Keywords: mobile learning, research and development, digital simulation


Keywords


mobile learning; research and development; simulasi digital; digital simulation

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2011). Validitas dan reabilitas (Edisi 4).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bhati, A., & Song, I. (2019). New methods for collaborative experiential learning to provide personalised formative assessment. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 14(7), 179-195. doi:https://doi.org/10.3991/ijet.v14i07.9173

Chatwattana, P., & Nilsook, P. (2017). A Web-based learning system using project-based learning and imagineering. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 12(5), 4-22. doi:https://doi.org/10.3991/ijet.v12i05.6344

Grabowski, S. (2003). Teaching & Media: A Systematic Approach [The Gerlach & Ely Model]. Retried from http://sarah.lodick.com/edit/edit6180/gerlach_ely.pdf.

Kasatria, R. J., (2014). Pengembangan teknologi informasi mobile learning Fakultas Teknik Universitas Diponegoro berbasis android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 2(4), 41-248. doi:https://doi.org/10.14710/jtsiskom.2.4.2014.241-248

Muiz, A. (2014). Pengembangan mobile learning berbasis JQuery mobile untuk mata kuliah fotografi pembelajaran di Jurusan Teknologi Pendidikan Univesitas Negeri Semarang. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 2(1), 1-8. doi:https://doi.org/10.15294/IJCETS.V2I1.3291

Riduwan, R. 2010. Belajar mudah penulisan untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, S. 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tolawo, D., Lumenta, A., & Karouw, S. (2014). Perancangan mobile learning algoritma dan pemprograman. E-Journal Teknik Informatika, 4(2), 1-5. doi:https://doi.org/10.35793/jti.4.2.2014.6986

Wabdillah, W. (2016). Implementasi metode problem based learning pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Darussalam Makassar. Jurnal Inspiration, 6(1), 58-64. doi:http://dx.doi.org/10.35585/inspir.v6i1.92

Widyaningsih, W., Binadja, A., & Rifai, A. (2013). Pengembangan pembelajaran blended menggunakan mobile learning berbasis flash lite untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada peserta didik kelas VII SMP 1 Kudus. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 2(2), 153-157.

Yuniati, L. (2011). Pengembangan media pembelajaran learning efek doppler sebagai alat bantu dalam pembelajaran fisika yang menyenangkan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2(2), 92-101. doi:http://dx.doi.org/10.26877/jp2f.v2i2/septembe.130




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Riki Fajri Rahmat, Lativa Mursyida, Fahmi Rizal, Krismadinata Krismadinata, Yuliawati Yunus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics