PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA INGGRIS SMP BERBASIS WEB

Kandung Supriyono, Dinas Dikpora Gunungkidul
Sugirin Sugirin, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran membaca Bahasa Inggris SMP berbasis web  yang memenuhi unsur kelayakan dan keefektifan. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dalam lima tahap, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan evaluasi, (3) pengembangan serentak, (4) implementasi penuh, dan (5) evaluasi sumatif. Media pembelajaran membaca bahasa Inggris SMP berbasis web yang dihasilkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa dan guru. Hal ini didasarkan pada rata-rata skor evaluasi ahli materi sebesar 3,94 atau kategori baik, dan ahli media sebesar 4,21 atau kategori baik. Sementara itu, hasil uji coba peserta didik memperoleh skor rata-rata sebesar 4,13 dengan kategori baik. Media tersebut telah memehuhi standar keefektifan untuk pembelajaran, dibuktikan dengan hasil pretes dan postes. Nilai rata-rata pretes sebesar 43, sedangkan nilai rata-rata postes sebesar 86, mengalami peningkatan sebesar 46%. Tingkat ketuntasan 4% menjadi 90% atau mengalami kenaikan sebesar 86%.

Kata kunci: media pembelajaran, pengembangan, berbasis web, bahasa inggris


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v1i1.2459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Kandung Supriyono, Sugirin Sugirin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics