EVALUASI FORMATIF PADA VIDEO PEMBELAJARAN MAJOE DJAYA PRODUKSI EDUARTION

Erika Oktarini, Matrik Ladang Belajar
Abdul Gafur, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tujuan dari evaluasi formatif ini adalah untuk menentukan validitas dari pilot project Video Majoe Djaya dalam aspek instruksional dan media. Selayaknya sebuah evaluasi formatif, hasil lain yang diharapkan adalah daftar revisi untuk diajukan kepada para pembuat keputusan dalam memperbaiki dan meningkatkan seri video ini. Studi menggunakan Model Evaluasi Formatif Ogle yang untuk mengevaluasi tiga dari seri video, berjudul Bilangan Bulat, Badar dan Barung I, dan Logaritma. Masing-masing video secara berurutan diperuntukan bagi siswa kelas 4, 7, dan 10. Prosedur evaluasi melibatkan review dari ahli, sesi one-to one, small group, dan field test bagi pengguna, serta review dari guru. Hasil dari penentuan validitas dalam aspek instruksional adalah baik, ditunjukkan dari modusnya yang bernilai 4. Sedangkan dari aspek media, kualitas video adalah baik, ditunjukkan dari modusnya bernilai 4 dari 5. Video juga dapat meningkatkan outcome pembelajaran sebesar 44.36% seperti yang ditunjukkan oleh hasil rerata gain score. Seri video ini dapat untuk digunakan setelah dilakukan revisi. Revisi penting yang perlu dilakukan dalam pengembangan video fase kedua adalah: 1) membagi video ke dalam bagian-bagian yang lebih pendek berisi sub bab dari materi, 2) menyediakan penjelasan yang berisi tujuan dari video untuk mengatasi kesalahpahaman dalam penggunaan video, 3) menyediakan penjelasan bagaimana menggunakan video bagi siswa maupun bagi guru, 4) menuliskan standar kompetensi ke dalam video untuk meningkatkan kejelasan bagi siswa dan guru, dan 5) memperbarui strategi instruksional supaya sesuai dan seimbang antara unsur ketepatan dan hiburan.

Kata kunci: Video Pembelajaran, Evaluasi Formatif


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/tp.v1i1.2458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Erika Oktarini, Abdul Gafur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics