PENGEMBANGAN E-LEARNING MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI SMA NEGERI 3 KUPANG
Herman Dwi Surjono, Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Pengembangan E-learning Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Negeri 3 Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk e-learning mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa SMA Negeri 3 Kupang; (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan produk e-learning TIK. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil penelitian menunjukkan: (1) e-learning TIK yang dihasilkan adalah sebuah sistem manajemen pembelajaran (LMS) online yang dibuat dengan software aplikasi Moodle 1.9.12. E-learning TIK menyajikan materi pembelajaran TIK, khususnya kelas X, SK ke-5, KD ke-5.1 beserta modul, video, latihan, tugas dan tesnya. E-learning layak sebagai media pembelajaran TIK berdasarkan validasi ahli media, materi dan siswa, kelayakannya mencapai rerata skor 4.16 (kategori “Baik”); (2) peningkatan hasil belajar TIK siswa menggunakan e-learning lebih baik dari pada power point berdasarkan pencapaian hasil belajar. Untuk pencapaian KKM kelompok e-learning yang berjumlah 32 orang siswa, dinyatakan tuntas 30 orang siswa (94%) dan 2 orang siswa (6%) dinyatakan belum tuntas sedangkan kelompok Power Point yang berjumlah 32 orang siswa, 24 orang siswa (75%) dinyatakan tuntas dan 8 orang siswa (25%) dinyatakan belum tuntas.
Kata kunci: e-learning, TIK
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/tp.v1i1.2455
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Ariyanto S. Helianak, Herman Dwi Surjono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
View Journal Statistics