Pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan pemecahan masalah kemampuan matematika

Achmad Buchori, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

Abstract


Titik balik perkembangan dunia pendidikan adalah ketika pendidikan tersebut telah berhasil secara terus menerus mencetak kader-kader bangsa yang di dalam diri setiap individunya mempunyai karakteristik dan keahliannya masing-masing. Jadi di sekolah formal peserta didik perlu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan multimedia pembelajaran dengan pendekatan kontekstual untuk materi sistem koordinat. Jenis penelitian ini adalah penelitian research and development yang meliputi modifikasi desain Four-D, meliputi defining, designing, development, dan producting (produksi) hasil final media dalam bentuk multimedia interaktif dengan pendekatan kontekstual. Uji kelayakan melibatkan ahli materi, ahli media dan hasil respon dari 35 peserta didik. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan pretest-posttest control group, dimana kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan tes sebelum dan sesudah perlakuan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Semarang pada kelas VIII semester 1.

Kata Kunci: Multimedia interaktif, pendekatan kontekstual, kemampuan pemecahan masalah

 

Development of interactive multimedia with contextual approach to improve student problem solving mathematics ability 

Abstract

            The turning point in the development of the world of education is when education has succeeded in continuously producing national carders who in each individual have their own characteristics and expertise. So in formal school, students need to improve their own problem solving skills. The purpose  of this study is to produce multimedia learning with a contextual approach to the subjects of the coordinate system. The type of research is R&D which includes modification of the Four-D Model including defining, designing, development, and producing the final result of the media in the form of multimedia interactive with  a contextual approach. The feasibility test involved material experts, media experts and the results of responses form 35 students. The experimental design used in this research and development used  a pretest-protest control group, where the experimental class and a control class were given tests before and after treatment. This research was conducted at Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Semarang in class VIII semester I.

Keywords: Interactive multimedia, contextual approach, problem solving skills


Keywords


Multimedia interaktif; pendekatan kontekstual; kemampuan pemecahan masalah; Interactive multimedia; contextual approach; problem solving skills

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. (2013). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Chiu, TKF., & Churcill, D (2015). Exploring the caracteristics of an optimal design of digital materials for concept learning in mathematics: Multimedia learning and variation theory. Computers & Education, 82, 280-291. doi: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.12.001.

Hussain, S. Y. S., Tan, W. H., & Idris, M Z. (2014). Digital game-based learning for remedial mathematics students: A new teaching and learning approach in Malaysia. International Journal of Multimrdia and Ubiquitous Engineering, 9(11), 325-337. doi:http://dx.doi.org/10.14257/ijmue.2014.9.11.32.

Jumaat, N. F., & Tasir, Z. (2014, April). Instructional scaffolding in online learning environment: A meta analysis. International Conference on Teaching and Learning in Computing and Enginering. Johor, Malaysia. doi:https://doi.org/10.1109/LaTiCE.2014.22.

Jumiati, J., Sari, M., & Akmalia D. (2011). Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan model Numbereds Heads Together (NHT) pada materi gerak tumbuhan dikelas SMP Sei Putih Kampar. Lectura, 2(2), 161-185.

Memnun, D. S., & Coban, M. (2015). Mathematical problem solving: variables that affect problem solving success. International Research in Education, 3(2). 110-120. doi:https://dx.doi.org/10.5296/ire.v3i2.7582.

Purwanto, S. (2016, March). Pengembangan web matematika sekolah untuk meningkatkan hasil belajar mahapeserta didik, peserta didik sekolah menengah dan sekolah dasar. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), Universitas Negeri Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia.

Rizki, S., & Linuhung, N. (2016). Pengembangan bahan ajar program linier berbasis kontekstual dan ICT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 137-144. doi:https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.674.

Saha, R. A., Ayub A. F. M., & Tarmizi R. A. (2010). The effects of geogebra on mathematics achievement: Enlightening coordinate geometry learning. Procedia Social and Behavioral Sciences. 8. 686-693. doi:https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.095.

Sudjana, S. (2005). Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of expectional children: A sourcebook. Mineapolis: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Tilaar, A. L. (2012). Efektivitas pembelajaran kontekstual dalam mengajarkan matematika. Jurnal Formatif: Jurnal Pendidikan IPA, 1(3), 186-191. doi:http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i3.72.

Usdiana, D., Purniati, T., Yulianti K., & Harningsih, E. (2009). Meningkatkan kemampuan berpikir logis peserta didik SMP melalui pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1), 1-14. doi:http://dx.doi.org/10.18269/jpmipa.v13i1.300.

Wibowo, E. J. (2013). Media pembelajaran interaktif matematika untuk peserta didik sekolah dasar kelas IV. Seruni: Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer, 2013, 2(1), 75-78. doi:https://dx.doi.org/10.0809/seruni.v2i1.584.

Yanirawati, S., & Nilawasti, M. (2012). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual disertai peta tugas pikiran untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika peserta didik. Journal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-7.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Achmad Buchori

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics