Evaluasi bahan ajar Bahasa Prancis Le Mag sebagai bahan pembelajaran mandiri siswa Sekolah Menengah Atas

Kartika Permata Sari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kualitas bahan ajar Bahasa Prancis Le Mag yang digunakan oleh siswa sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran. Kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi bahan ajar ini adalah kriteria dari aspek desain instruksional, aspek desain pesan dan aspek karakteristik siswa.Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi formatif oleh Dick and Carey yang dilakukan dengan dua tahap, yaitu evaluasi one to one by expert dan evaluasi one to one by student. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar  Le Mag sebagai bahan ajar bahasa Prancis memiliki kualitas baik untuk digunakan sebagai bahan ajar mandiri siswa SMA dalam proses pembelajaran. Kualitas tersebut berdasarkan penilaian dari ahli materi, media dan siswa yang menghasilkan data sebagai berikut: (1) Oleh ahli materi memperoleh rata-rata 4,1 dalam kategori sangat baik. (2) Oleh ahli media memperoleh rata-rata 4,57 dalam kategori sangat baik. (3) Oleh siswa memperoleh rata-rata 3,2 dalam katego baik.

Kata kunci: evaluasi, bahan ajar bahasa Prancis, bahan ajar mandiri

 

 

AN EVALUATION OF FRENCH LANGUAGE MATERIALS AS SELF-DIRECTED LEARNING MATERIALS FOR HIGH SCHOOL STUDENT

Abstract

The purpose of this study is to know the quality of French Le Mag teaching materials used by students as learning resources in the learning process. This study is an evaluation research using quantitative method approach. The evaluation model used in this research was a formative evaluation model by Dick and Carey which was conducted in two stages, one-to-one evaluation by expert and one to one evaluation by student. The results showed that learning material of French Le Mag was suitable to be used as self learning material of high school student. That results were based on the assessment of material experts, media expert and students which obtained the data: (1) By the material expert obtain an average of 4.10 in the criteria of very good. (2) By the media expert obtains an average of 4.57 in criteria very good. (3) By students earning an average of 3.2 in criteria good.

Keywords: Evaluation, French Learning Materials, Self-Directed Learning Materials


Keywords


Evaluation; French Learning Materials; Self-Directed Learning Materials

Full Text:

Fulltext PDF

References


Belawati, T. (2003). Pengembangan bahan ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Budiningsih, C. A. (2003). Desain pesan pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY.

Carney, R. N., & Levin, J. R. (2002). Pictorial illustrations still improve students’ learning from text. Educational Psychology Review, 14(1), 5–26. https://doi.org/10.1023/A:1013176309260

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum 2004 standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Prancis. Jakarta: Depdiknas.

Oktarini, E., & Gafur, A. (2014). Evaluasi formatif pada video pembelajaran Majoe Djaya produksi eduartion. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/2458

Pannen, P., & Purwanto. (2001). Penulisan bahan ajar. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2017. Diakses pada 13 November 2017 https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud17-2017PPDB.pdf

Pujiati. (2007). Pengembangan bahan ajar praktikum pengantar akuntansi untuk mahasiswa Jurusan Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (Vol. 4). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/609

Purmadi, A., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis web berdasarkan gaya belajar siswa untuk mata pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 151. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8285

Reigeluth, C. M. (1999). Instructional-design theories and models volume II, a new paradigm of instructional theory. New Jersey: LEA.




DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.17155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kartika Permata Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

       

View Journal Statistics