TRANSFORMASI KURIKULUM PENDIDIKAN IPS DALAM KESIAPAN MENYAMBUT ERA SOCIETY 5.0
Grafita Ari Pramudya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Harjanto. (2005). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ivan Hermawan,dkk. (2020). Kebijakan Pengembangan Guru di Era Society 5.0. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management,1(3), 242-264. https://doi.org/10.35719/jieman.v1i3.33
Kemendikbud. (2014). Permendikbud No. 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework. 1(2), 1-3. Diakses melalui https://osf.io/gfe9w/
Nastiti, F.E., & ‘Abdu, A.R. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 5(1), 61-66. http://dx.doi.org/10.17977/um039v5i12020p061
Nursyifa, Aulia. (2019). Transformasi Pendidikan IPS dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 6(1), 51-64. http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p51-64
Pujatama, Puput. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (Studi pada Sekolah-Sekolah di Kota Semarang). Jurnal Pendidikan IPS. 3(2), 39-43. https://doi.org/10.15294/jess.v3i2.6652
Rajasekera, Jay. (2019). Industry 5.0 and Society 5.0 for Indonesia. Materi Kuliah Umum dari Universitas Tokyo di Auditorium Mubyarto MEP FEB UGM Yogyakarta. Diakses melalui https://mep.feb.ugm.ac.id/kuliah-umum-industri-5-0-society-5-0-indonesia-oleh-prof-jay-rajasekera/
Ramadhan, Prasetya. 2019. Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya. 7(2), 137-141. http://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.
Sukmadinata, N. S. (2005). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran Guru IPS sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. 4(1), 1-13. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/oai
Tilaar, H.A.R. (2012). Perubahan Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Utami, Rizka. (2019). Integrasi Kurikulum di Indonesia dalam Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding dari 4th International Conference on Education Innovation in Islamic Education: Challenges and Readiness in Society 5.0 IAIN Batusangkar: 213-218. Diakses melalui http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/download/2181/1617
DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i2.48356
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)
ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo
Email: jipsindo@uny.ac.id