TRANSFORMASI KURIKULUM PENDIDIKAN IPS DALAM KESIAPAN MENYAMBUT ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v3i2.48356Keywords:
Kurikulum, Pendidikan IPS, Era Society 5.0Abstract
Permasalahan yang dihadapi adalah peserta didik berdampingan dengan robot dalam kegiatan belajar mengajar yang tentunya berpengaruh dalam substansi pendidikan termasuk kurikulum, yakni komponen penting yang memainkan peran aktif dalam mencapai tujuan pendidikan. Jenis penelitian ini adalah studi literatur. Data yang digunakan adalah data sekunder dari buku teks, jurnal, dan artikel lain yang mendukung. Hasil kajian ini mengungkapkan bahwa Pendidikan IPS sebagai bekal dalam memecahkan persoalan sosial yang bersifat dinamis, sehingga kurikulum dalam Pendidikan IPS juga harus bertransformasi menjadi pembelajaran yang menarik, menyenangkan, kreatif, menumbuhkan rasa ingin tahu, berpikir kritis, demokratis, kolaboratif, kepekaan sosial, dan kemampuan pemecahan masalah.References
Harjanto. (2005). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ivan Hermawan,dkk. (2020). Kebijakan Pengembangan Guru di Era Society 5.0. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management,1(3), 242-264. https://doi.org/10.35719/jieman.v1i3.33
Kemendikbud. (2014). Permendikbud No. 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework. 1(2), 1-3. Diakses melalui https://osf.io/gfe9w/
Nastiti, F.E., & "˜Abdu, A.R. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 5(1), 61-66. http://dx.doi.org/10.17977/um039v5i12020p061
Nursyifa, Aulia. (2019). Transformasi Pendidikan IPS dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 6(1), 51-64. http://dx.doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p51-64
Pujatama, Puput. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (Studi pada Sekolah-Sekolah di Kota Semarang). Jurnal Pendidikan IPS. 3(2), 39-43. https://doi.org/10.15294/jess.v3i2.6652
Rajasekera, Jay. (2019). Industry 5.0 and Society 5.0 for Indonesia. Materi Kuliah Umum dari Universitas Tokyo di Auditorium Mubyarto MEP FEB UGM Yogyakarta. Diakses melalui https://mep.feb.ugm.ac.id/kuliah-umum-industri-5-0-society-5-0-indonesia-oleh-prof-jay-rajasekera/
Ramadhan, Prasetya. 2019. Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya. 7(2), 137-141. http://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.
Sukmadinata, N. S. (2005). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Surahman, E., & Mukminan. (2017). Peran Guru IPS sebagai Pendidik dan Pengajar dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS. 4(1), 1-13. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/oai
Tilaar, H.A.R. (2012). Perubahan Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Utami, Rizka. (2019). Integrasi Kurikulum di Indonesia dalam Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding dari 4th International Conference on Education Innovation in Islamic Education: Challenges and Readiness in Society 5.0 IAIN Batusangkar: 213-218. Diakses melalui http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/download/2181/1617
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.