PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874Keywords:
Pendidikan multikultural, Pembelajaran IPS, Sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas Pembelajaran IPS di SD melalui Pendidikan Multikultural. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), model Kemmis & Taggart yang terdiri dari: planning (perencanaan), acting & observing (pelaksanaan dan pengamatan), serta reflecting (refleksi). Tindakan penelitian dilakukan dengan tiga siklus dimana pada siklus pertama tindakan yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw, pada siklus kedua dengan model team games tournament, sedangkan pada siklus ketiga dengan model team investigation report. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion atau kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; 1) siklus pertama pola perancangan upaya peningkatan meningkatkan kerjasama seluruh siswa, 2) siklus kedua pada pola penanaman sikap kerjasama dan kompetisi, 3) siklus ketiga pada cara siswa melakukan investigasi, merumuskan hipotesis, dan menyelesaikan permasalahan yang muncul.References
Ali, M. (2006). Menuju Multikutural Global. tersedia pada laman http://www2.kompas.com/kompas-cetak.
Farris, P., J. & Cooper, S., M. (1994). Elementary Social Studies: a Whole language Approach. Iowa: Brown & Benchmark Publishers.
Liliweri, A. (2005). Prasangka & konflik: komunikasi lintas budaya masyarakat multikultural. Yogyakarta: LKiS.
Miles, M., B. & Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis. California: SAGE publication, Inc.
Saidiharjo. 2004. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY.
Singarimbun, M. & Efendi, S. (1982). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.
Skeel, D., J. (1995). Elementary Social Studies: Challenge for Tomarrow"s World. New York: Harcourt Brace College Publishers.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Winataputra, U., dkk. (2004). Materi dan Pembelajaran IPS SD. Edisi kesatu Penerbit Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo.