PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR

Sudrajat Sudrajat, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas Pembelajaran IPS di SD melalui Pendidikan Multikultural. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), model Kemmis & Taggart yang terdiri dari: planning (perencanaan), acting & observing (pelaksanaan dan pengamatan), serta reflecting (refleksi). Tindakan penelitian dilakukan dengan tiga siklus dimana pada siklus pertama tindakan yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw, pada siklus kedua dengan model team games tournament, sedangkan pada siklus ketiga dengan model team investigation report. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion atau kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; 1) siklus pertama pola perancangan upaya peningkatan meningkatkan kerjasama seluruh siswa, 2) siklus kedua pada pola penanaman sikap kerjasama dan kompetisi, 3) siklus ketiga pada cara siswa melakukan investigasi, merumuskan hipotesis, dan menyelesaikan permasalahan yang muncul.

Keywords


Pendidikan multikultural, Pembelajaran IPS, Sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2006). Menuju Multikutural Global. tersedia pada laman http://www2.kompas.com/kompas-cetak.

Farris, P., J. & Cooper, S., M. (1994). Elementary Social Studies: a Whole language Approach. Iowa: Brown & Benchmark Publishers.

Liliweri, A. (2005). Prasangka & konflik: komunikasi lintas budaya masyarakat multikultural. Yogyakarta: LKiS.

Miles, M., B. & Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis. California: SAGE publication, Inc.

Saidiharjo. 2004. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY.

Singarimbun, M. & Efendi, S. (1982). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Skeel, D., J. (1995). Elementary Social Studies: Challenge for Tomarrow”s World. New York: Harcourt Brace College Publishers.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Winataputra, U., dkk. (2004). Materi dan Pembelajaran IPS SD. Edisi kesatu Penerbit Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.21831/jipsindo.v1i1.2874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia)

ISSN: 2355-0139 (Print) | 2615-7594 (Online)

Published by: Universitas Negeri Yogyakarta

Website: https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo

Email: jipsindo@uny.ac.id


Visitor Statistic


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.