Pengembangan media pembelajaran biologi berbantuan komputer untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik
Intan Nur Cahya Mukti,
Program Studi Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Heru Nurcahyo,
Program Studi Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran berbantuan komputer yang berkualitas sehingga layak digunakan untuk pembelajaran biologi kelas XI SMA materi sistem pernapasan pada manusia; (2) mengetahui tanggapan peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan; (3) mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer hasil pengembangan. Penelitian ini merupakan research and development (R&D) yang menggunakan model 4-D. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas XI SMA N 1 Tanjungsari Gunungkidul, Instrumen pengumpulan data adalah lembar angket, lembar observasi, dan soal pretest dan posttest. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Media pembelajaran berbantuan komputer hasil pengembangan ditinjau dari aspek materi dan media berkategori sangat baik. (2) Tanggapan peserta didik yaitu setuju untuk menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer hasil pengembangan. (3) Terjadi peningkatan hasil belajar kategori tinggi dengan rerata skor gain sebesar 0,702, dan terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 83,333%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran biologi berbantuan komputer materi sistem pernapasan pada manusia hasil pengembangan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI.
Developing Computer-Based Biology Learning Media to Improve the Students’ Learning Outcomes
Abstract
This study aims to (1) produce computer-based learning media with quality to be suitable for biology learning for Grade XI of senior high schools for the topic of the human respiration system, (2) find out students’ responses to the learning through the developed computer-based learning media, (3) find out students’ learning outcomes after the use of the developed computer-based learning media. This was a research and development (R&D) study using the 4-D model. The product tryout was carried out by involving Grade XI students of SMA N 1 Tanjungsari, Gunungkidul. The data were collected through a questionnaire, an observation sheet, a pretest, and a posttest. The result of the study is as follows. (1) The developed computer-based learning media in terms of the material and media aspects are in the very good category. (2) The students’ responses show their agreement to the use of the developed computer-based biology learning media. (3) There is an improvement of learning outcomes in the high category with an average gain score of 0.702 and an improvement of the learning outcome mastery of 83.333%. This shows that the developed computer-based biology learning media for the topic of the human respiration system is appropriate to improve the learning outcomes of Grade XI.
Keywords
media pembelajara; sistem pernapasan; hasil belajar; learning media; respiration system; and learning outcomes
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Standar penilaian buku pelajaran sains. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis penyusunan perangkat penilaian afektif di SMA. Jakarta. Retrieved from https://suaidinmath.files.wordpress.com/2011/01/30-juknis-penilaian-afektif__isi-revisi__0104.pdf
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809
Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Prenada Media. https://doi.org/2008
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Blomington: may be ordered from the Council for Exceptional Children.
Trianto, T. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif : konsep, landasan, dan imlementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Wahono, R. S. (2006). Aspek dan kriteria penilaian media pembelajaran. Disajikan Di Http://romisatriawahono. net/20, 6, 6–21.