"Quizizz" as An Evaluation of Advanced Natural Science Learning to Increase Concentration in Post-Pandemic Learning
Ika Damayanti, Islamic State University Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68-82.
Agustia, M., Aprilia, C., Sari, J., Hikmah, D., & Risnita, R. (2021). Using Quizizz in Learning Assesment with Science Literacy Oriented in Science Learning. International Journal of Engineering, Science and Information Technology, 1(1), 86-90.
Anggraeni, S., & Taufiq, M. (2021). Implementation of Quizizz Online Evaluation Tools With STEM Approach to Measure Analytical Skills of the Junior High School Students. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 5(1), 1-14.
Annajmi, A. (2018). Aktivitas kerjasama (collaboration) mahasiswa dalam pembelajaran kooperatif make a match melalui implementasi lesson study | jurnal absis: jurnal pendidikan matematika dan matematika. Jurnal Absis, 1(1), 44–55.
Arianti, A. (2019). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. DIDAKTIKA, 11(1), 41-62.
Astutik, D., Yuhastina, Y., Ghufronudin, G., & Parahita, B. N. (2022). Guru dan proses pendidikan dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(1), 46-54.
Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh tingkat konsentrasi belajar siswa terhadap daya pemahaman materi pada pembelajaran kimia di sma negeri 2 batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1), 30-33.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research methods in education (6th ed). Routledge.
Fadhilawati, D. (2021). Using quizizz application for learning and evaluating grammar material. JOSAR (Journal of Students Academic Research), 6(1), 85-94.
Halimah, N., Azhar, A. R., Suluhiah, A., Berseri, G. E., Riasahni, I., & Rahmatullah, M. A. (2022). Pembelajaran tatap muka pasca pandemi covid-19 studi praktik profesi keguruan terpadu (PPKT) Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Al-Gina Pakuhaji Kabupaten Tangerang. Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 72-81.
Indrawati, E. S., Zaturrahmi, & Nurpatri, Y. (2021). Penggunaan aplikasi quizizz untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika di kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 6 Padang. Jurnal ESTUPRO, 6(3), 64–71.
Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual di Sekolah. Dinamika Ilmu, 13(1), 17-38.
Lestari, D. (2022). Pemanfaatan quizizz untuk ptm pada mata pelajaran matematika. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(1), 48-57.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI, 3(2), 312-325.
Mayuri, D., Aswirna, P., & Hurriyah, H. (2021a). Development of a quizmaker ispring approach assessment instrument to measure understanding of student concepts. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(2), 213-225.
Mufida, A. A., & Widodo, A. (2021). Analisis kedalaman dan keterkaitan antar konsep pada pembelajaran IPA di masa pandemi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(2), 116-127.
Munthe, A. P. (2015). Pentingya evaluasi program di institusi pendidikan: sebuah pengantar, pengertian, tujuan dan manfaat. Scholaria, 5(2), 2–14.
Namara, D. M., & Murphy, L. (2017). Online Versus Offline Perspectives on Gamified Learning. 6.
Ni’mah, D. Z., Chamalah, E., & Azizah, A. (2021). Fleksibilitas dan Aksesibilitas Digitalisasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 3(01), 84-90.
Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83.
Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49–59.
Pratiwi, E. Y. R., & Siswanto, M. B. E. (2020). Inovasi media pembelajaran game edukasi berbasis visual basic pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 140-149.
Priyayi, D. F., Keliat, N. R., & Hastuti, S. P. (2018). Masalah dalam pembelajaran menurut perspektif guru biologi sekolah menengah atas (sma) di salatiga dan kabupaten semarang. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 85-92.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29-39.
Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan aplikasi quizziz sebagai media pemberian kuis dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60-66.
Ramadhani, K. P., & Ardi, H. (2022). Penggunaan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran dan asesmen pada materi bahasa Inggris. Abdi Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora, 3(1), 1-14.
Rifa’ie, M. (2020). Covid-19 Pandemic: The Flexibility of Online Learning at SMK Negeri 5 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(2), 197-209.
Riskawati, R. (2017). Pengaruh pemberian kuis pada proses pembelajaran fisika terhadap hasil belajar peserta didik kelas X1 SMKN 4 Bulukumba. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 90-98.
Salim, A. (2022). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Al-Muttaqien Sumberejo Troso Klaten. El-Hayah, 12(1), 5841–5861.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163-173.
Santosa, T. A., & Yulianti, S. (2020). Pengaruh pemberian kuis terhadap peningkatan motivasi belajar biologi siswa di SMA Negeri 7 Kerinci. Science Education and Application Journal, 2(2), 79-87.
Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153-166.
Sastranegara, J. P. (2017). Peranan tes kuis dalam meningkatkan motivasi pembelajar dalam memahami tata bahasa jepang tingkat dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(1), 131-139.
Satriani. (2022). Pengaruh pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas berbasis kontekstual pada pembelajaran biologi terhadap hasil belajar peserta didik. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 232–239.
Setyani, M. R. & Ismah. (2018). Analisis tingkat konsentrasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika ditinjau dari hasil belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018, 01, 73–84.
Sihombing, F., Susilowati, Y. A., & Setyorini, E. A. (2021). Perbandingan kepuasan mahasiswa pada pelaksanaan kuis dengan metode konvensional dan kahoot! aplikasi. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(1), 267–272.
Sihotang, H., Harefa, N., Lamsari, L. S., & Murniarti, E. (2021). Concentration of student’s learning through utilization of quizlet application on learning evaluation. Advances in Social Sciences Research Journal, 8(1), 598-589.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suharsono, A. (2020). The use of quizizz and kahoot! in the training for millennial generation. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 4(2), 332-342.
Supriadi, N., Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan aplikasi quizizz dalam pembelajaran daring di era covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 42-51.
Suwarni, D. I., Kurniasih, S., & Rostikawati, R. T. (2016). Penerapan model pembelajaran think-talk-write (ttw) dan demonstrasi reciprocal untuk meningkatkan hasil belajar ekosistem siswa smp pgri suryakencana cileungsi kabupaten bogor. Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(8), 90–95.
Wulandari, F., & Dewi, L. (2019). Increasing Student Learning Concentration In Writing Using Project Based Learning. Jurnal SMART, 5(1), 37–44.
Yanti, A. A., & Fernandes, R. (2021). Adaptasi guru terhadap pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ( studi kasus guru man 2 kota padang panjang). Jurnal Perspektif, 4(3), 459-471.
Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37-43.
Zuhriyah, S., & Pratolo, B. W. (2020). Exploring students’ views in the use of quizizz as an assessment tool in english as a foreign language (EFL) class. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 5312–5317.
Zunidar. (2019). Peran Guru dalam Inovasi Pembelajaran. Nizhamiyah, 9(2), 41–56.
DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v8i1.52552
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Inovasi Pendidikan IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA indexed by:
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA by http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. p-ISSN: 2406-9205 | e-ISSN: 2477-4820
View My Stats