Pengembangan modul sistem reproduksi berbasis berpikir kritis terintegrasi nilai Islam dan Kemuhammadiyahan
Tutik Fitri Wijayanti, Universitas Muhammadiyah Palembang, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian dan pengembangan adalah mengetahui karakteristik dan menguji kelayakan modul berpikir kritis terintegrasi nilai islam dan kemuhammadiyahan pada materi sistem reproduksi. Metode penelitian menggunakan Research & Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh tahap. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli perangkat dan evaluasi pembelajaran, ahli pengembangan dan desain modul, ahli bahasa, ahli Al-Islam dan Kemuhammadiyahan serta praktisi pembelajaran biologi. Subjek uji coba kelompok kecil adalah 30 mahasiswa semester 6 Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan: (1) produk dikembangkan merujuk pada aspek berpikir kritis menurut Facione, diintegrasikan dengan ayat-ayat Alquran dan Hadist, dan divisualisasikan pada tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan soal evaluasi proses pembelajaran; (2) modul yang dikembangkan memiliki kualifikasi yang baik dan layak untuk digunakan.
Development of a reproductive system module based on integrated critical thinking of Islamic and Muhammadiyah Values
Abstract: The purpose of research and development is to determine the characteristics and to test the feasibility of the critical thinking module integrated with Islamic values and muhammadiyahan in the material of the reproductive system. The research method uses Research & Development (R&D) with the Borg & Gall model which has been modified into seven stages. Product validation was carried out by material experts, learning equipment and evaluation experts, module development and design experts, linguists, Al-Islam and Muhammadiyah experts and practitioners of learning biology. The small group trial subjects were 30 6th semester students of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Palembang. The results of the research and development show: (1) the product developed refers to the critical thinking aspect according to Facione, integrated with the verses of the Koran and Hadith, and visualized in the learning objectives, learning materials, learning activities, and evaluation questions of the learning process; (2) the developed module has good qualifications and is suitable for use.
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Afrizon, R., Ratnawulan, & Fauzi, A. (2012). Peningkatan perilaku berkarakter dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IX MTsN model padang pada mata pelajaran IPA-Fisika menggunakan model problem based instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.24036/jppf.v1i1.598
Anisah, N. (2016). Efek tayangan pornografi di internet pada perilaku remaja di desa suka maju kecamatan tenggarong seberang. Dunia Komunikasi : Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman, 4(1), 115–124.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2013). Laporan hasil ujian nasional. Puslitbang Kemdikbud.
Depdiknas. (2008). Standar penilaian buku pelajaran sains. Pusat Perbukuan.
Facione, P. A. (2013). Critical thinking, what it is and why i counts. California Academic Press.
Gall, M. ., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2007). Educational research: an introduction, 8th edition (8th ed.). Pearson.
Ghozali, M., Yudiani, E., & Purwasih, I. (2021). Hubungan intensitas mengakses situs pornografi dan perilaku seksual pranikah pada siswa SMK nurul iman palembang. Indonesian Journal of Behavioral Studies, 1(2), 166–177. https://doi.org/10.19109/ijobs.v1i2.9280
Hamzah, F. (2015). Studi pengembangan modul pembelajaran ipa berbasis integrasi islam-sains pada pokok bahasan sistem reproduksi kelas XI madrasah tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 41–53. https://doi.org/10.21070/ja.v1i1.163
Hildayatni, D., Triwoelandari, R., & Hakiem, H. (2019). Pengaruh penggunaan modul pembelajaran IPA terintegrasi nilai agama terhadap peningkatan karakter rasa ingin tahu siswa. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2009
Khasanah, A. N. (2016). Pengembangan modul berbasis kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pernapasan untuk memberdayakan hasil belajar siswa kelas XI IPA (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University).
Kuswandi, K., Ismiyati, I., & Rumiatun, D. (2019). Analisis kualitatif prilaku seks bebas pada remaja di Kabupaten Lebak. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 14(1), 18–24. https://doi.org/10.36086/jpp.v14i1.284
Moon, J. (2007). Critical thinking: An exploration of theory and practice. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203944882
Nasution, S. (2011). Berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar. Bumi Aksar.
Nawawi, S. (2017). Developing of module challenge based learning in environmental material to empower the critical thinking ability. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 212–223. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v3i2.15988
Oktaviana, R. (2015). Hubungan antara kelompok teman sebaya dengan perilaku seksual pranikah di Keluarahan “X” Palembang. Jurnal Psyche, 9(1), 08–16.
Prastowo. (2012). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. diva Press.
Puspita, L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79–88. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530
Puspitasari, R. D. (2014). Pengembangan modul berbasis kemampuan berpikir kritis untuk memberdayakan hasil belajar siswa kelas XI IPA pada materi sistem gerak manusia. (Tesis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta).
Santyasa, I. W. (2009). Metode penelitian pengembangan dan teori pengembangan modul. Universitas Pendidikan Ganesha.
Subiantoro, A. W., & Fatkurohman, B. (2008). Keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan media koran. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 111–114. https://doi.org/10.21831/jpms.v14i2.12438
Sukiman. (2012). Pengembangan media pembelajaran. Pedagogja.
Susilowati, S. (2017). Pengembangan bahan ajar IPA terintegrasi nilai islam untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 78–88. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13677
Suwastono, A. (2011). Pengembangan pembelajaran e-learning berbasis moodle pada matakuliah penginderaan jauh S-1 Jurusan Geografi Universitas Negeri Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Utami, I. R., Triwoelandari, R., & Nawawi, M. K. (2019). Pengaruh modul pembelajaran ipa terintegrasi nilai agama terhadap pengembangan karakter mandiri siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 58–71. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13036
Wicaksono, A. G. . (2014). Hubungan keterampilan metakognitif dan berpikir kritis terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA pada pembelajaran biologi dengan strategi reciprocal teaching. Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 85–92. http://dx.doi.org/10.17977/jps.v2i2.4501
Wijayanti, T. F., Prayitno, B. A., & Sunarto, S. (2016). Pengembangan modul berbasis berpikir kritis disertai argument mapping pada materi sistem pernapasan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas xi sma negeri 5 surakarta. Inkuiri, 5(1), 105-111.
Wijayanti, T. F., & Nawawi, S. (2017). Efektivitas modul sistem reproduksi berbasis berpikir kritis terintegrasi nilai islam dan kemuhammadiyahan terhadap keterampilan berpikir kritis. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(2), 176.
Yolanda, A. Pengaruh Modul Digital Terintegrasi Nilai Keislaman terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Gerak Melingkar Beraturan (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Yunita, N. M., Maridi, M., & Prayitno, B. A. (2019). Pengembangan modul berbasis inquiry terintegrasi islam pada materi sistem pencernaan untuk meningkatkan nilai-nilai islami siswa kelas XI SMA muhammadiyah 4 kartasura. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 16(1), 080–086.
Yusuf, Y. (2019). Pengaruh religiusitas dan kontrol diri terhadap perilaku seksual pranikah pada remaja di Kota Lhokseumawe, Aceh. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/22205
DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v7i2.39018
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Inovasi Pendidikan IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA indexed by:
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA by http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. p-ISSN: 2406-9205 | e-ISSN: 2477-4820
View My Stats