Kepemimpinan partisipatif dan demokratis kepala sekolah dalam upaya menerapkan manajemen modern di sekolah

Herlina Permata Sari, Universitas Riau, Indonesia
Azhar Azhar, Universitas Riau, Indonesia
Widia Murni Wijaya, (Scopus ID: 57671782000), Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman mengenai pelaksanaan tugas kepala sekolah sebagai pemimpin di SMA Negeri 1 Tambang, Kabupaten Kampar, Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan kepala sekolah sebagai subjek penelitian dan implementasi tugas sebagai fokusnya. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan model kepemimpinan partisipatif dimana aspirasi dan peran guru selalu dilibatkan dalam pengambilan keputusan di sekolah. Selain itu, kepala sekolah juga menerapkan gaya kepemimpinan demokratis, dimana semua anggota termasuk tukang sapu pun memiliki peran dan fungsi yang dihargai. Selanjutnya, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa kepala sekolah menerapkan manajemen modern dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam era globalisasi saat ini. Hal ini membantu meningkatkan efektivitas kepemimpinan dalam mencapai tujuan, seperti penggunaan fasilitas CCTV. Bukti ini dapat dilihat dari penggunaan dan pengontrolan CCTV yang dilakukan oleh kepala sekolah, dimana setiap ruangan telah dilengkapi dengan fasilitas tersebut.

Keywords


kepala sekolah; kepemimpinan; kepemimpinan demokratis; kepemimpinan partisipatif; manajemen modern

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2016). Metodologi Penelitian. Jakarta: Press.

Cortellazzo, L., Bruni, E., & Zampieri, R. (2019). The role of leadership in a digitalized world: A review. Frontiers in Psychology, 10, 1938. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01938

Daniëls, E., Hondeghem, A., & Dochy, F. (2019). A review on leadership and leadership development in educational settings. Educational Research Review, 27(1), 110–125. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.02.003

Day, C., Gu, Q., & Sammons, P. (2016). The impact of leadership on student outcomes: How successful school leaders use transformational and instructional strategies to make a difference. Educational Administration Quarterly, 52(2), 221–258. https://doi.org/10.1177/0013161X15616863

Dexter, S., & Richardson, J. W. (2020). What does technology integration research tell us about the leadership of technology? Journal of Research on Technology in Education, 52(1), 17–36. https://doi.org/10.1080/15391523.2019.1668316

Heck, R. H., & Hallinger, P. (2009). Assessing the contribution of distributed leadership to school improvement and growth in math achievement. American Educational Research Journal, 46(3), 659–689. https://doi.org/10.3102/0002831209340042

Ishaq., Yusrizal., & Bahrun. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh dan SMA Negeri 3 Meulaboh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1), 33-46.

Juniawati, N. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Partisipatif dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Mengajar Guru SD Negeri Se-Bandung Timur. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 121-130.

Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., Febriani, E. A. (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194-201. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.138

Kurnianingsih, E. (2017). Peran dan Fungsi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(1), 11-18. http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v1i1.932

Leithwood, K., Sun, J., & Schumacker, R. (2020). How school leadership influences student learning: A test of “The four paths model”. Educational Administration Quarterly, 56(4), 570–599. https://doi.org/10.1177/0013161X19878772

Liebowitz, D. D., & Porter, L. (2019). The effect of principal behaviors on student, teacher, and school outcomes: A systematic review and meta-analysis of the empirical literature. Review of Educational Research, 89(5), 785–827. https://doi.org/10.3102/0034654319866133

Lindqvist, M. H. (2019). School leaders’ practices for innovative use of digital technologies in schools. British Journal of Educational Technology, 50(3), 1226–1240. https://doi.org/10.1111/bjet.12782

Permana, A. W., & Karwanto, K. (2020). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 58–67. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p58-67

Pietsch, M., & Tulowitzki, P. (2017). Disentangling school leadershipand its ties to instructional practices – An empirical comparison of various leadership styles. School Effectiveness and School Improvement, 28(4), 629–649. https://doi.org/10.1080/09243453.2017.1363787

Prananosa, A., Putra, M. R., Yuneti, A., & Aliyyah, R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Keterampilan Berkomunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 1(2), 63-74. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v1i2.405

Purwanti, S. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru dan Pegawai di SMA Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. eJournal Administrasi Negara, 1(1), 210-224.

Roslena S., & Ngadiman, E. I. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Wonosari. Jupe UNS, 2(1): 107-118.

Schrum, L., & Levin, B. B. (2013). Leadership for twenty-first-century schools and student achievement: Lessons learned from three exemplary cases. International Journal of Leadership in Education, 16(4), 379–398. https://doi.org/10.1080/13603124.2013.767380

Siswanti, Y. (2014). Kepemimpinan Manajerial yang Smart dengan Pendekatan Riset Empiris. Yogyakarta: Etose Digital.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Suhud, A., Copriady, J., & Isjoni. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SMA Negeri Di Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 8(1), 51-60. http://dx.doi.org/10.31258/jmp.8.1.p.51-60

Usman, H. (2014). Manajemen Teori, Praktik, dan riset Pendidikan edisi 4. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya, W. M., & Risdiansyah, D. (2020). Dampak Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan pada Kegiatan Akademik di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 129–135. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24564

Wijaya, W. M., & Subekti, Z. M. (2019). Penerapan Aplikasi Database pada Kegiatan Manajemen Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 157-166. https://doi.org/10.21831/jump.v1i2.42352

Yanti, F. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 6(1), 9-24. https://doi.org/10.24256/kelola.v6i1.1831

Yuneti, A., Hamdan, H., & Prananosa, A. (2019). Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 2(2), 113-125. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.1011

Yusup, M. (2015). Peran Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pemelajaran. Jurnal Manajer Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(1), 95-100.




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.64838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats