Kepemimpinan partisipatif dan demokratis kepala sekolah dalam upaya menerapkan manajemen modern di sekolah
DOI:
https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.64838Keywords:
kepala sekolah, kepemimpinan, kepemimpinan demokratis, kepemimpinan partisipatif, manajemen modernAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman mengenai pelaksanaan tugas kepala sekolah sebagai pemimpin di SMA Negeri 1 Tambang, Kabupaten Kampar, Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan kepala sekolah sebagai subjek penelitian dan implementasi tugas sebagai fokusnya. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan model kepemimpinan partisipatif dimana aspirasi dan peran guru selalu dilibatkan dalam pengambilan keputusan di sekolah. Selain itu, kepala sekolah juga menerapkan gaya kepemimpinan demokratis, dimana semua anggota termasuk tukang sapu pun memiliki peran dan fungsi yang dihargai. Selanjutnya, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa kepala sekolah menerapkan manajemen modern dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam era globalisasi saat ini. Hal ini membantu meningkatkan efektivitas kepemimpinan dalam mencapai tujuan, seperti penggunaan fasilitas CCTV. Bukti ini dapat dilihat dari penggunaan dan pengontrolan CCTV yang dilakukan oleh kepala sekolah, dimana setiap ruangan telah dilengkapi dengan fasilitas tersebut.References
Arikunto, S. (2016). Metodologi Penelitian. Jakarta: Press.
Cortellazzo, L., Bruni, E., & Zampieri, R. (2019). The role of leadership in a digitalized world: A review. Frontiers in Psychology, 10, 1938. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01938
Danií«ls, E., Hondeghem, A., & Dochy, F. (2019). A review on leadership and leadership development in educational settings. Educational Research Review, 27(1), 110–125. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.02.003
Day, C., Gu, Q., & Sammons, P. (2016). The impact of leadership on student outcomes: How successful school leaders use transformational and instructional strategies to make a difference. Educational Administration Quarterly, 52(2), 221–258. https://doi.org/10.1177/0013161X15616863
Dexter, S., & Richardson, J. W. (2020). What does technology integration research tell us about the leadership of technology? Journal of Research on Technology in Education, 52(1), 17–36. https://doi.org/10.1080/15391523.2019.1668316
Heck, R. H., & Hallinger, P. (2009). Assessing the contribution of distributed leadership to school improvement and growth in math achievement. American Educational Research Journal, 46(3), 659–689. https://doi.org/10.3102/0002831209340042
Ishaq., Yusrizal., & Bahrun. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh dan SMA Negeri 3 Meulaboh. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1), 33-46.
Juniawati, N. (2017). Kontribusi Kepemimpinan Partisipatif dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Mengajar Guru SD Negeri Se-Bandung Timur. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 121-130.
Kadarsih, I., Marsidin, S., Sabandi, A., Febriani, E. A. (2020). Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 194-201. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.138
Kurnianingsih, E. (2017). Peran dan Fungsi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(1), 11-18. http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v1i1.932
Leithwood, K., Sun, J., & Schumacker, R. (2020). How school leadership influences student learning: A test of "The four paths model". Educational Administration Quarterly, 56(4), 570–599. https://doi.org/10.1177/0013161X19878772
Liebowitz, D. D., & Porter, L. (2019). The effect of principal behaviors on student, teacher, and school outcomes: A systematic review and meta-analysis of the empirical literature. Review of Educational Research, 89(5), 785–827. https://doi.org/10.3102/0034654319866133
Lindqvist, M. H. (2019). School leaders' practices for innovative use of digital technologies in schools. British Journal of Educational Technology, 50(3), 1226–1240. https://doi.org/10.1111/bjet.12782
Permana, A. W., & Karwanto, K. (2020). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 58–67. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p58-67
Pietsch, M., & Tulowitzki, P. (2017). Disentangling school leadershipand its ties to instructional practices – An empirical comparison of various leadership styles. School Effectiveness and School Improvement, 28(4), 629–649. https://doi.org/10.1080/09243453.2017.1363787
Prananosa, A., Putra, M. R., Yuneti, A., & Aliyyah, R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Keterampilan Berkomunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 1(2), 63-74. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v1i2.405
Purwanti, S. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru dan Pegawai di SMA Bakti Sejahtera Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. eJournal Administrasi Negara, 1(1), 210-224.
Roslena S., & Ngadiman, E. I. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Wonosari. Jupe UNS, 2(1): 107-118.
Schrum, L., & Levin, B. B. (2013). Leadership for twenty-first-century schools and student achievement: Lessons learned from three exemplary cases. International Journal of Leadership in Education, 16(4), 379–398. https://doi.org/10.1080/13603124.2013.767380
Siswanti, Y. (2014). Kepemimpinan Manajerial yang Smart dengan Pendekatan Riset Empiris. Yogyakarta: Etose Digital.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
Suhud, A., Copriady, J., & Isjoni. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SMA Negeri Di Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 8(1), 51-60. http://dx.doi.org/10.31258/jmp.8.1.p.51-60
Usman, H. (2014). Manajemen Teori, Praktik, dan riset Pendidikan edisi 4. Jakarta: Bumi Aksara.
Wijaya, W. M., & Risdiansyah, D. (2020). Dampak Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan pada Kegiatan Akademik di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 129–135. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24564
Wijaya, W. M., & Subekti, Z. M. (2019). Penerapan Aplikasi Database pada Kegiatan Manajemen Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 157-166. https://doi.org/10.21831/jump.v1i2.42352
Yanti, F. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 6(1), 9-24. https://doi.org/10.24256/kelola.v6i1.1831
Yuneti, A., Hamdan, H., & Prananosa, A. (2019). Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 2(2), 113-125. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.1011
Yusup, M. (2015). Peran Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pemelajaran. Jurnal Manajer Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(1), 95-100.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. However, even though the journal holds the copyright, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.