Persepsi guru SMK pusat keunggulan tentang model kepemimpinan etnis Jawa: Asta Brata
Sumaryanto Sumaryanto, PT. Emcotama, Indonesia
Syawal Gultom, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Darwin Darwin, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S. W. (2013). Falsafah Kepemimpinan Jawa. Yogyakarta: Araska.
Al-Malki, M., & Juan, W. (2018). Leadership Styles and Job Performance: a Literature Review. Journal of International Business Research and Marketing, 3(3), pp. 40-49.
Amegayibor, G. K. (2021). Leadership styles and employees' performance: A case of family-owned manufacturing company, Cape Coast. International Journal of Financial, Accounting, and Management (IJFAM), 3(2), pp. 149-164.
Amin, B. (2014). Kepemimpinan Pendidikan. Pakar Pendidikan, 12(1), pp. 1-12.
Aryawan, I. W. (2021). Penerapan Kepemimpinan Asta Brata dalam Pendidikan dari Sudut Pandang Teori Konflik. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 7(1), pp. 56-66.
As’ad, M., Anggoro, W. J., & Virdanianty, M. (2011). Studi Eksplorasi Konstrak Kepemimpinan Model Jawa: Asta Brata. Jurnal Psikologi, 38(2), pp. 224-239.
Brata, I. B. (2016). Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Bangsa. Jurnal Bakti Saraswati, 5(1), pp. 9-16.
Cheong, M. et al. (2019). A review of the effectiveness of empowering leadership. The Leadership Quarterly, 30(1), pp. 34-58.
Choirunisa, E. I., Firdausi, K., Hapsari, N. T., & Mardikawati, S. A. (2021). Internalisasi Filsafat Jawa Asta Brata Sebagai Penguatan Karakter Kepemimpinan Guru BK pada Lingkup Pendidikan. Malang, Universitas Negeri Malang.
Endraswara, S. (2013). Falsafah Kepemimpinan Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Fakhri, M., Pradana, M., Syarifuddin, S., & Suhendra, Y. (2020). Leadership Style and its Impact on Employee Performance at Indonesian National Electricity Company. The Open Psychology Journal, Volume 13, pp. 321-235.
Faraidiany, M., Kusmanto, H., & Warjio. (2019). Politik Identitas dalam Iklan Politik pada Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara 2018. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 11(1), 113-120. DOI: 10.24114/jupiis.v11i1.12310
Hamid, M. (2010). Pengaruh Kepemimpinan Sifat Terhadap Keefektivan Kepemimpinan Sekolah (Studi Kasus Pada Kepala SMKN 1 Peusangan - Bireuen). Jurnal Ekonomika Universitas Almuslim Bireuen. 1(1). pp.62-70.
Gandolfi, F., & Stone, S. (2018). Leadership, Leadership Styles, and Servant Leadership. Journal of Management Research, 18(4), pp. 261-269.
Goren, P. (2018). Effect of Leadership Styles on Employee Productivity at South Nyanza Sugar Company Limited, Migori County. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 6(2), pp. 428-432.
Harsoyo, Y., & Astusi, C. W. R. (2017). Pengembangan Desain Model Pelatihan Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Semarang, LPPM Unimus.
Hudaya, Z. A., & Nugroho, S. W. D. (2013). Kearifan Lokal Budaya Jawa sebagai Basis Model Kepemimpinan Yang Efektif. Purwokerto, Universitas Jendral Soedirman, pp. 1-8.
Kartini, K. (2016). Pemimpin dan kepemimpinan: Apakah kepemimpinan Abnormal itu?. Jakarta: Rajawali Pers.
Kempa, R., Ulorlo, M., & Wenno, I. H. (2017). Effectiveness Leadership of Principal. International Journal of Evaluation and Research in Education, 6(4), pp. 306-311.
Kurniasih, A. D. (2021). Aktualisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Astha Brata Untuk Mewujudukan Profil Pelajar Pancasila Melalui Sekolah Penggerak. Webinar Dewan Profesor Universitas Sebelas Maret 2021, 5(1), pp. 57-62.
Kurniawan, A. F. (2019). Falsafah Kepemimpinan Pendidikan. Ri’ayah, 4(2), pp. 195-207.
Mahfud. (2017). Reaktualisasi Konsepsi Negarawan dalam Kepemimpinan Nasional. Malang: Universitas Brawijaya.
Makambe, U., & Moeng, G. J. M. (2019). The effects of leadership styles on employee performance: a case of a selected commercial bank in Botswana. Annals of Management and Organization Research (AMOR), 1(1), pp. 39-50.
Malo-Alain, A. M., & Njadat, E. N. A. (2020). The Impact of Education Quality on the Financial and Educational Sciences Programs. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(2), pp. 394-408.
Manik, J. D. N. (2013). Kekuasaan dan Kepemimpinan sebagai Proses Sosial dalam Bermasyarakat. Society, 1(1), pp. 64-74.
Merliana, N. P. E., Tantri, N. N., & Erna. (2021). E-Leadership Dalam Kepemimpinan Hindu di Era Digital. Palangka Raya, IAHN-TP.
Mulder, N. (1996). Pribadi dan masyarakat di Jawa (terjemahan). Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Mulyadi. (2010). Kepemimpinan Sekolah dalam mengembangkan Budaya Mutu. Malang: UIN Malang Press.
Mulyono. (2009). Education Leadership; Mewujudkan Efektivitas Kepemimpinan Pendidikan. Malang: UIN Malang Press.
NawoseIng’ollan, D., & Roussel, J., (2017). Influence of Leadership Styles on Employees’ Performance: A Study of Turkana County, Kenya. International Journal of Business and Social Science, 8(7), pp. 82-98.
Oc, B. (2018). Contextual leadership: A systematic review of how contextual factors shape leadership and its outcomes. The Leadership Quarterly, 29(1), pp. 218-235.
Purwadi. (2007). Filsafat Jawa Reflektif: Butir-butir Kebijaksanaan Hidup untuk Mencapai Kesempurnaan Lahir Batin. Yogyakarta: Cipta Pustaka.
Sastrawan, K. B. (2019). Menggagas Kepemimpinan Berlandaskan Ajaran Asta Brata dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), pp. 55-64.
Soebadio, H. (1997). Kajian Asta Brata. Jakarta: Putra Sejati Raya.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundari, A. (2014). Kearifan Lokal dalam Institusi Publik: Studi Gaya Kepemimpinan Jawa Hastabrata pada Sekolah Menengah di Kabupaten Jember. Literasi: Indonesian Journal of Humanities, 4(2), pp. 184-195.
Suratno, P. (2006). Sang Pemimpin menurut Asta Brata, Wulang Rah, Tri Pana, Dasa Darma Raja. Yogyakarta: Adi Wacana.
Susetya, W. (2007). Kepemimpinan Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Syamsul, H. (2019). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), p. 275–289.
Vokasi, D. (2020). Program SMK Pusat Keunggulan. Jakarta: Direktorat Jenderal Vokasi Kemdikbud.
Wahab, J. A., Mansor, A. Z., Hussin, M., & Kumarasamy, S. (2020). Headmasters' Instructional Leadership and Its Relationship with Teachers Performance. Universal Journal of Educational Research, 8(11a), pp. 97-102.
Widaningtyas, A. M. (2018). Penguatan Budaya Lokal dalam Kerangka Pendidikan Karakter: Studi Budaya Jawa. Aceh Anthropological Journal, 2(1), pp. 71-93.
DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v10i2.48896
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |