Efektivitas pengelolaan sumber daya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan
Ega Ayu Lutfiani, Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
Inneke Salwa Ramadiani, Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
Nanda Veronika, Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
Dwi Rachmanto, Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
Nurul Arfinanti, Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
Abstract
Efektivitas pengelolaan sumber daya sekolah adalah tingkat pencapaian tujuan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya yang ada baik tenaga pendidik, pendidik, sarana prasarana, dan lain sebagainya untuk mencapai tujuan sekolah serta memiliki lingkungan sekolah yang mendukung kegiatan pembelajaran dan output yang dihasilkan oleh sekolah dapat bermanfaat bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keefektifan pengelolaan sumber daya sekolah di SMA Negeri 8 Yogyakarta untuk meningkatkan mutu sekolah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, pengambilan data sekolah, dan studi dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini, dapat diketahui bahwa pengelolaan sumber daya sekolah di SMA Negeri 8 Yogyakarta sudah efektif. Keefektifan sekolah tersebut dilihat dari kepemimpinan situasional, program kemitraan, program sekolah, sarana prasarana, pendidik dan tenaga pendidik, serta output sekolah.
Abstract
Effectiveness of school resources management is the achievement level of the objectives of management and utilization of existing resources, both teaching staff, Educators, Infrastructure facilities, etc. to achieve school goals and have a school environment that supports learning activities and outputs produced by schools can benefit for the society. The purpose of this study was to determine the effectiveness of school resources management in SMA Negeri 8 Yogyakarta to improve the quality of schools. The method used is a descriptive method with a qualitative approach. The technique of collecting data were interviews, observation, school data collection, and documentation study. Based on this research, it can be known that the learning process at SMA Negeri 8 Yogyakarta has been effective. The effectiveness of the school can be seen from leadership, school programs, partnership programs, infrastructure, educators and teaching staff, and school output.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, B. (2012). Manajemen sarana dan prasarana sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Arikunto, S. (2000). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asni, A. (2015). Efektifitas proses belajar mengajar pada Sekolah Dasar Negeri 13 Gugus II Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Katalogis, 3(8), 167-175. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/6408/5099
Djafri, N. (2016). Manajemen kepemimpinan kepala sekolah (Pengetahuan manajemen, efektivitas, kemandirian keunggulan bersaing dan kecerdasan emosi). Yogyakarta: Deepublish.
Firmansyah, T. (2018). Efektivitas pemnafaatan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu layanan. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 179-184. doi:https://doi.org/10.17977/um025v2i32018p179
Humaedi, M. A. (2015). Etnografi bencana: Menakar peran para pemimpin lokal dalam pengurangan resiko bencana. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.
Juansah, D. E., & Emzir, E. (2016). The Implementation of cooperative principle in class group discussion. IJLECR (International Journal Of Language Education and Culture Review), 2(1), 27-32. doi:https://doi.org/10.21009/IJLECR.021.03
Kristiawan, M. (2017). Manajemen pendidikan. Sleman: Deepublish.
Mawardi, M. (2017). Efektifitas sekolah di Kabupaten Aceh Tengah antara kepemimpinan situasional dan budaya sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 104-113. doi:https://doi.org/10.17509/jap.v24i2.8298
Mulyasa, E. (2004). Manajemen berbasis sekolah, konsep, strategi dan implementasi (6th ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Presiden Republik Indonesia. (1990). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar.
Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 39 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Rohmawati, A. (2015). Efektifitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32. doi:https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02
Salim, N. A. (2017). Peningkatan efektivitas pengelolaan sekolah melalui penguatan kemampuan manajerial kepala sekolah. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 8-16. doi:https://doi.org/10.17977/um025v2i12017p008
Saondi, O. (2015). Konsep-konsep dasar menjadi sekolah unggulan. Yogyakarta: Deepublish.
Sugiarto, E. (2015). Menyusun proposal penelitian kualitatif. Yogyakarta: Suaka Media.
Sunaengsih, C. (2017). Buku ajar pengelolaan pendidikan. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Tilaar, A. S. (2008). Analisis kebijakan pendidikan suatu pengantar. Bandung: Remaja Roesda Karya.
Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif ilmu pendidikan teologi. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.28997
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |