Menakar Posisi Sejarah Indonesia pada Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.21831/istoria.v11i2.7555Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui posisi mata pelajaran sejarah dalam Kurikulum 2013, dan (2) Mengetahui peran mata pelajaran sejarah dalam pembentukan karakter bangsa. Metode yang digunakan peneliti dalam penulisan sejarah ini adalah metode penelitian menurut Kuntowijoyo. Adapun tahapan penelitian sejarah menurut Kuntowijoyo mempunyai lima tahap yaitu pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi, dan penulisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum 2013 dikembangkan dalam rangka menjawab berbagai tantangan baik internal maupun eksternal. Tantangan internal misalnya adanya tuntutan penyelenggaraan pendidikan yang mengacu pada delapan standar nasional pendidikan, sementara dari segi eksternal misalnya pengaruh globalisasi dan perkembangan IPTEKS. Di samping itu implementasi Kurikulum 2013 ini juga dalam rangka mendukung pelaksanaan pendidikan karakter. Kurikulum 2013 telah menempatkan mata pelajaran Sejarah Indonesia pada posisinya yang sesungguhnya. Diharapkan mata pelajaran Sejarah Indonesia mampu mengembangkan berpikir kritis dan imajinatif serta menjadi wahana pembentukan karakter bangsa, menjadi alat pemersatu dan penguatan rasa kebangsaan dan cinta tanah air.
Kata kunci: Kurikulum 2013, Sejarah Indonesia, karakter bangsa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah agrees to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work, with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Journal ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, is published by the History Education Study Program Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) and Keluarga Alumni Prodi Pendidikan Sejarah (KAPPS), with ISSN: 1858-2621 (Print), ISSN: 2615-2150 (Online).
Journal Istoria by History Education Study Program is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/index