Model bermain peran sebagai upaya meningkatkan percaya diri dalam pembelajaran seni tari

Yuliawan Kasmahidayat, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Beben Barnas, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Nurdin Nurdin, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model bermain peran dapat meningkatkan percaya diri siswa dalam pembelajaran seni tari kelas VIII di SMPN 44 Bandung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre-eksperimental design (One Group Pre test-Post test). Objek penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran seni tari. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup beberapa teknik, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model bermain peran dapat meningkatkan percaya diri siswa SMPN 44 Bandung dengan hasil analisis dari rata-rata penilaian sebelum penerapan berada pada kategori rendah, sementara hasil post-test melalui penerapan model bermain peran meningkatkan rata-rata nilai dengan kategori tinggi.

Keywords


model bermain peran, percaya diri, pembelajaran seni tari

References


Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=968536

Dhianti Haeruman, L., Rahayu, W., & Lukita Ambarwati, dan. (2017). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMA DI BOGOR TIMUR. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2040

Eberle, S. G. (2014). The Elements of Play Toward a Philosophy and a Definition of Play s. American Journal of Play, 6(2), 214–233.

Edinon, G. A. (2022). Nilai-nilai pendidikan dalam pertunjukan tari Podang dan implementasinya dalam pembelajaran di sekolah. Imaji, 20(1), 69–77. https://doi.org/10.21831/imaji.v20i1.47371

Febrianti, Y. (2019). Profil Self Confidence (Kepercayaan Diri) Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas X SMAN 7 Pekanbaru. 1–33.

Kartini, T. (2007). Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(8), 1–5.

Masunah, J., & Narawati, T. (2003). Seni dan pendidikan seni: sebuah bunga rampai. P4ST UPI.

Mulyono, M. (2011). Strategi pembelajaran: Menuju efektifitas pembelajaran di abad global.

Nana, D., & Elin, H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(1), 288. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1359

Puspitaningrum, J. I., Fita, M., Untari, A., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Bermain Peran ( Role Playing ) Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. 296–304.

Ridha, N. (2020). PROSES PENELITIAN, MASALAH, VARIABEL DAN PARADIGMA PENELITIAN. Jurnal Hikmah, 39(1), 672–673. https://doi.org/10.1111/cgf.13898

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (1st ed.). Penerbit KBM Indonesia.

Salirawati, D. (2012). PERCAYA DIRI, KEINGINTAHUAN, DAN BERJIWA WIRAUSAHA: TIGA KARAKTER PENTING BAGI PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1305

Sofa, T. M. (2023). Tolerance values implied in Nusantara dance learning. Imaji, 21(1), 57–63.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Sugiyono (ed.); cet. 19). Alfabeta.

Syamsudin, A., & Vismaia S, D. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v22i2.66226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats