Hijrah seni seniman muda: Analisis kritik seni pada karya lukis Yogi Ginanjar
Asep Miftahul Falah, Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses hijrah seni seorang seniman muda, Yogie Ginanjar, melalui analisis mendalam terhadap karya-karya lukisnya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kritik Seni dengan menggunakan analisis konten visual dari sejumlah karya lukis Yogie Ginanjar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami evolusi seni Yogie Ginanjar, termasuk perubahan gaya, teknik, dan tema dalam karyanya dari tahun 2013 - 2017.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Yogie Ginanjar telah mengalami perkembangan seni yang menarik dalam perjalanan kreatifnya. Pada awal kariernya, karya-karya Yogie cenderung mengikuti gaya lukisan realis dengan fokus pada detail dan representasi yang realistis. Namun, seiring berjalannya waktu, gaya lukis Yogi bertransformasi menjadi lebih ekspresif, abstrak, dan eksperimental. Perubahan ini mencerminkan proses eksplorasi seni dan transformasi kreatif yang dialami oleh seniman muda ini. Selain itu, tema-tema yang diangkat dalam karya-karya Yogie juga mengalami perubahan yang signifikan. Dari awal yang lebih konvensional dan berfokus pada pemandangan alam, Yogie berangsur-angsur mengeksplorasi isu-isu sosial, emosional, dan identitas manusia dalam karyanya. Tema-tema tersebut mencerminkan perasaan dan refleksi pribadi Yogie, serta memberikan sudut pandang yang lebih mendalam kepada penonton mengenai realitas sosial yang dihadapinya. Analisis kritikal terhadap karya-karya Yogie Ginanjar juga melibatkan persepsi dan tanggapan dari para pengamat seni dan masyarakat. Beberapa penikmat seni mengapresiasi keberanian Yogie dalam mengeksplorasi medium lukis dengan gaya yang berbeda, sementara yang lain mungkin menghadapi tantangan dalam memahami pesan di balik karya-karya eksperimentalnya.
Keywords: Hijrah seni, kritik seni, seniman muda, seni lukis
The hijrah of young artists: An analysis of art criticism on yogi Ginanjar’s paintings
Abstract
This study aims to examine the artistic migration process of a young artist, Yogie Ginanjar, through an in-depth analysis of his paintings. The research method used is an Art Criticism approach by using visual content analysis from a number of Yogie Ginanjar’s paintings. The purpose of this study is to understand the evolution of Yogie Ginanjar’s art, including changes in style, technique, and themes in his work from 2013-2017. The results of this study indicate that Yogie Ginanjar has experienced interesting artistic developments in his creative journey. At the beginning of his career, Yogie’s works tended to follow a realist painting style with a focus on details and realistic representations. However, over time, Yogi’s painting style has transformed to become more expressive, abstract, and experimental. This change reflects the process of artistic exploration and creative transformation experienced by this young artist. Apart from that, the themes raised in Yogie’s works have also undergone significant changes. From a more conventional beginning and focusing on natural landscapes, Yogie gradually explores issues of social, emotional and human identity in his work. These themes reflect Yogie’s personal feelings and reflections, as well as provide the audience with a deeper perspective on the social reality he faces. Critical analysis of Yogie Ginanjar’s works also involves perceptions and responses from art observers and society. Some art connoisseurs appreciate Yogie’s courage in exploring painting mediums with different styles, while others may face challenges in understanding the message behind his experimental works.
Keywords: Art migration, kritik seni, young artist, painting
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Addini, A. (2019). Fenomena gerakan hijrah di kalangan pemuda muslim sebagai mode sosial. Journal of Islamic civilization, 1(2), 109-118.
Correia, C. J. (2019). Susanne K. Langer and the definition of art. Eidos. A Journal for Philosophy of Culture, 3(1(7), 92-103.
Eskak, E. (2013). Mendorong Kreativitas Dan Cinta Batik Pada Generasi Muda Kritik Seni Karya Pemenang Lomba Desain Batik Bbkb 2012. Dinamika Kerajinan dan Batik: Majalah Ilmiah, 30(1), 1-10.
Falah, A. M. (2021). Makna Simbolik Patung Monumen Di Taman Balai Kota Bandung. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 8(3).
Hartono, D., & Sugalih, A. (2019). Makna Simbol Senyum Pada Iklan Lay’s di Televisi (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 3(1), 39-49.
Hidayatulloh, A., & Syamsu, M. N. (2020). Religiusitas intrinsik, religiusitas ekstrinsik, dan niat untuk menghindari pajak. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 7(1), 44-51.
Indrawati, L. (2018). Mempersoalkan figur-figur dalam karya Gunawan Bagea. Imajinasi: Jurnal Seni, 12(1), 57-64.
KARIM, A. R. (2021). Religiusitas dan kepuasan kerja: Kebersyukuran sebagai variabel mediator (Doctoral dissertation, Unversitas Muhammadiyah Malang). 9(1). 09-47.
Nelson, N. (2016). Kreativitas dan motivasi dalam pembelajaran seni lukis. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).
Rohandi, T. Kaitan judul dan visual pada karya seni lukis Ad Pirous. Jurnal Imaji Maranatha, 4(2), 218-250.
Sukaya, Y. (2009). Bentuk dan metode dalam penciptaan karya seni rupa. Jurnal Seni Dan Pengajarannya, 1(1), 1-16.
Salam, S., & Muhaemin, M. (2020). Pengetahuan dasar seni rupa. Badan Penerbit UNM. Books, 1(1). 4-9.
Sukaya, Y. (2009). Bentuk dan metode dalam penciptaan karya seni rupa. Jurnal Seni dan Pengajarannya, 1(1), 1-16.
Umam, U. (2021). Pengertian Seni Lukis. Gramedia.. Diakses pada 22 Juli 2023https://www.gramedia.com/literasi/seni-lukis/#:~:text=Menurut%20W.%20Setya%20R%2C%20seni,menuangkan%20emosi%20dan%20ekspresi%20jiwanya.
Zharandont, P. (2015). Pengaruh warna bagi suatu produk dan psikologis manusia. Bandung. Universitas Telkom. Jurnal Ergonomi, 1(1), 3-4.
DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v22i1.64422
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats