Penggunaan pola iringan musik dalam Ibadah Minggu di Gereja Kristen Sumba (GKS), Klasis Waingapu

Rudi Fanggidae, Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Indonesia
Meyrlin Saefatu, Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Indonesia
Dersy Rejoice Taneo, Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Indonesia
Maha Dewi Rambu Dewata, Institut Agama Kristen Negeri Kupang, Indonesia
Aprianus Meta Djangga Uma, GKS Klasis Waingapu, Indonesia

Abstract


Dalam Ibadah Minggu, Gereja Kristen Sumba selalu menggunakan pola iringan musik untuk mengiringi nyanyian jemaat. Untuk itu yang menjadi tujuan penelitian adalah: (1) Mengetahui penggunaan pola iringan musik ibadah yang digunakan dalam Ibadah Minggu, (2) Menerapkan dan memodifikasi penggunaan pola iringan musik yang benar dalam  Ibadah Minggu, (3) Menemukan  respons jemaat terhadap penggunaan pola iringan musik dalam Ibadah Minggu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Adapun hasil penelitian adalah penggunaan pola iringan musik yang benar perlu untuk diterapkan di dalam ibadah sehingga dapat membantu jemaat untuk mengekspresikan suasana hati atau ekspresi imannya dalam ibadah. Untuk itulah, penggunaan pola iringan yang tepat dalam mengiringi nyanyian dari buku hymnal adalah pola iringan melodis. Hal ini karena pola iringan melodis dapat memengaruhi jiwa manusia karena lebih bersentuhan dengan aspek spiritual manusia. Dengan demikian, ketika ibadah, jiwa manusia makin didekatkan dengan Tuhan melalui nyanyian. Dalam konteks pendidikan, hasil penelitian tersebut  dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman tentang bagaimana musik dapat mempengaruhi kesejahteraan mental dan spiritual seseorang.

 

Kata kunci: Pola iringan musik, melodis, Ibadah Minggu, nyanyian jemaat, hymne

 

The use of musical accompaniment patterns in Sunday Worship at the Christian Church of Sumba (GKS), Waingapu Classis

 

Abstract

In Sunday Worship, the Christian Church of Sumba always uses music accompaniment patterns to accompany the congregation's singing. Therefore, the research objectives are: (1) To understand the use of worship music accompaniment patterns in Sunday Worship, (2) To apply and modify the correct use of music accompaniment patterns in Sunday Worship, (3) To explore the congregation's response to the use of music accompaniment patterns in Sunday Worship. The research method employed is qualitative research. The findings suggest that the correct use of music accompaniment patterns is essential to be implemented in worship, as it can assist the congregation in expressing their mood or faith expression in worship. Hence, the appropriate use of accompaniment patterns in accompanying hymns from the hymnal book is the melodic accompaniment pattern. This is because melodic accompaniment patterns can affect the human soul as they are more connected with the spiritual aspect of humans. Thus, during worship, the human soul is brought closer to God through singing. In the educational context, these research findings can be used to enhance understanding of how music can influence an individual's mental and spiritual well-being.

 

Keywords: Music accompaniment patterns, melodic, Sunday Worship, congregation singing, hymn

Keywords


Pola iringan musik, melodis, Ibadah Minggu, nyanyian jemaat, hymne

Full Text:

PDF

References


Andreas. (2011). Meningkatkan Peranan Pemimpin Pujian dan Penyembahan dalam Ibadah Kristiani. Jurnal Penabiblos, 2(1).

Brounle, M. (2019). Tugas manusia dalam dunia milik Tuhan. BPK: Gunung Mulia.

Christina, M. (1998). Serba – Serbi Mengiringi Nyanyian Jemaat. GKI Pondok Tjandra Indah.

Cully, I. (2011). Dinamika Pendidikan Agama Kristen. BPK: Gunung Mulia.

Dakhi, F. Z. (2021). Pelayanan Musik, Pujian dan Penyembahan pada Ibadah dan Kontribusinya bagi Pertumbuhan Gereja. Prosiding Seminar Nasional STT Sumatera Utara, 1(1), 138–146.

Djohan. (2009). Psikologi Musik. Best Publisher.

Fatkhurrohman, A., & Suharto, S. (2017). Bentuk Musik dan Fungsi Kesenian Jamjaneng Grup “Sekar Arum” di Desa Panjer Kabupaten Kebumen. Jurnal Seni Musik, 6(1).

GKI, K. L. dan M. S. (2012). Musik Dalam Ibadah. Grafika KreasIndo.

Habeahan, S. Y. N. L. S. (2021). Pemahaman Pemuda terhadap Makna Kebaktian Minggu Gereja Presbyterian Injili Indonesia Jemaat Sola Scriptura Meda. Jurnal Ilmiah Musik Dan Agama, 4(2), 24–39.

Irawana, T. J., & Desyanri. (2019). Seni Musik serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik untuk Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222–232.

Julia. (2020). Mengembangkan Kompetensi Guru SD Dalam Membuat Media Pembelajaran Musik Menggunakan Aplikasi Scratch: Penelitian Tindakan. Mimbar Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasa, 7(3), 362–385.

Junias, R., O., S., N. S., & Margareta, S. (2021). Musik Menurut Alkitab dan Implikasinya Dalam Ibadah Kristen. SKENOO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 128–139.

Lembaga Alkitab Indonesia. (2017). Alkitab. LAI.

Prier, K.-E. (2014). Kamus Musik. Pusat Musik Liturgi.

Prier, K.-E., & P, W. (2012). Roda Musik Liturgi. Pusat Musik Liturgi.

Ray, D. (2009). Gereja yang Hidup: Ide-ide Segar Menjadikan Ibadah Lebih Indah. BPK: Gunung Mulia.

Sirait, R. A. (2021). Tujuan dan Fungsi Musik dalam Ibadah Gereja. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 4(1), 11–21.

Sydnor. (1989). Introducing A New Hymnal. G.I.A Publication.

Yuanitasari, L. (2008). Terapi Musik untuk Anak Balita: Panduan untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Anak melalui Musik (C. Publishing. (ed.)).




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v22i1.58501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats