Metode peer teaching untuk meningkatkan keterampilan bermain biola, keterampilan komunikasi, dan sikap percaya diri

Ratna Nur Salim, Universitas Pelita Harapan, Indonesia
Nancy Susianna, STKIP Surya, Indonesia

Abstract


Keterampilan komunikasi dan sikap percaya diri merupakan dua kompetensi yang sangat bermanfaat bagi siswa/i yang sedang belajar musik dalam sebuah ansambel. Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menganalisis perbedaan keterampilan bermain biola, keterampilan komunikasi dan sikap percaya diri siswa pada kelas musik ansambel biola dengan menggunakan metode peer teaching. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan dengan subyek penelitian sebanyak 9 siswa peserta kelas ansambel biola. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan jenis pre-experimental design, dengan bentuk one group pretest-posttest. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu rubrik untuk seluruh variabel yang telah divalidasi. Data pretest dan posttest kemudian diuji menggunakan uji Wilcoxon signed Rank Test. Hasil uji hipotesis keterampilan bermain biola menunjukkan perolehan asymp. sig. (2-tailed) = 0.007; keterampilan komunikasi menunjukkan perolehan asymp. sig. (2-tailed) = 0.007; sikap percaya diri menunjukkan perolehan asymp. sig. (2-tailed) = 0.007. Dari hasil yang didapatkan maka kesimpulan yang dapat diambil yaitu terdapat perbedaan keterampilan bermain biola, keterampilan komunikasi dan sikap percaya diri sebelum dan sesudah mengikuti latihan ansambel dengan menggunakan metode peer teaching.

Kata kunci: peer teaching, keterampilan bermain biola, keterampilan komunikasi, sikap percaya diri

 

Peer teaching method to improve violin playing skills, communication skills, and confidence

Abstract

Communication skill and confidence are two important skill for high school students and beneficial for those who are learning to play music in an ansamble. This study aims to look and analyze differences in violin playing skill, communication skill and confidence for students in violin ansamble rehearsal using peer teaching method. This researched was conducted at SMA XYZ for two months with research subjects 9 students from violin ansamble class. The method used in this research is quantitative research with experimental method by using pre-experimental design, with one group pretest-posttest design. The research instruments used were rubric for all variables. The obtained pretest and posttest values were then tested using Wilcoxon Signed Rank Test. The results of hypothesis testing for violin playing skill showed the acquisition of asymp. sig (2-tailed) = 0.007; communication skill with asymp. sig. (2-tailed) = 0.007; confidence with asymp. sig. (2-tailed) = 0.007. Based on the results, it can be concluded that there are differences in the violin playing skill, communication skill and confidence of students before and after they join the violin ansamble rehearsal using peer teaching method.

Keywords: peer teaching, violin playing skills, communication skills, confidence


Keywords


music; education; violin

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. (2016). Hubungan Kebiasaan Belajar Dan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 27 BATAM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 158–164. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1242

Alwi Hasan. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional Balai Pustaka.

Alwi, M. M., & Prof. Dr. Masrun, M.A. (2009). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA [Universitas Gadjah Mada]. http://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/41350

Anggorowati, N. P. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunitas, 3(1), 103–120.

Apriyani, D., & Harta, I. (2013). Upaya Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/26889/

Azmandian, A. (2010). Think Yourself Successful. McGraw Hill Companies, Inc.

Bates, A. W. T. (2015). Teaching in a Digital Age. BCcampus.

Brown, L. L. (2012). The Benefits of Music Education. PBS Kids for Parents. https://static1.squarespace.com/static/55819b54e4b063452beb22e4/t/5bce4ada53450aaa304c84ed/1540246234815/The+Benefits+of+Music+Education.pdf

Dariyo, A. (2011). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Refika Aditama.

Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. Istighna, 1(1), 116–133.

Fatmawaty, R. (2017). Memahami Psikologi Remaja. Jurnal Reforma, VI(2), 55–65. https://doi.org/10.30736/rfma.v6i2.33

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182

Harjanti, M. H. (2018). The Implementation of the 21st Century Competency for Elementary School Teachers at Curriculum 2013 Training Central Java Province Year 2017. 1st National Seminar on Elementary Education (SNPD 2018). SHEs: Conference Series 1 (1) (2018) 523-531. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/23726/18052

Hartati, dkk. (2013). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Permainan Ansambel Recorder. Jurnal Sendratasik, 1(3), 31–43.

Hastari, R. C. (2019). Penerapan Strategi Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 4(1), 46–50.

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis dengan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 90–103. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.p90-103

Indriyani, U., Supriyatna, N., & Kuarniawti, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Strategi Giving Question Getting Answer. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.17509/factum.v9i1.23071

Kamaruzzaman. (2016). Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 202–210.

Lintang, A. C., Masrukan, M., & Wardani, S. (2017). PBL dengan APM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Percaya Diri. Journal of Primary Education, 6(1), 27–34. https://doi.org/10.15294/JPE.V6I1.14510

Luxori, Y. (2005). Percaya Diri (M. Hidayat, Trans.). Khalifa.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Nurhayati. (2020). Pengaruh Peer Teaching Berbantuan Aplikasi SPSS Terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep Pada Materi Statistika. Jurnal Gammath, 5(2).

Poerwadarminta. (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Putri, A. junita, Arsil, & Kurniawan, A. R. (2020). Analisis Pencapaian Keterampilan Komunikasi Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 154–161.

Rosanti, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 1–11. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26773

Syarif, I., Elihami, & Buhari, G. (2021). Mengembangkan Rasa Percaya Diri Melalui Strategi Peer Tutoring Di Sekolah Dasar. EduPsyCouns Journal, 3(1), 69–77.

Wade, C. (2016). Psikologi. Erlangga.

Wurjanti, E. (2022). Study Group: Solusi Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya.

Yusup, A. A. M., & Sari, A. I. C. (2020). Penerapan Metoode Pembelajaran Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Kalkulus. Research and Development Journal of Eduation, 6(2), 1–12. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i2.5457




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v21i2.58492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats