Pembelajaran alat musik sederhana berbasis Android dengan menggunakan aplikasi Real Piano

Ratna Pratiwi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Irfanda Rizki Harmono Sejati, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract


Alat musik berbasis android yang digunakan di SMP Negeri 20 Semarang khususnya di kelas VII E adalah aplikasi Real Piano. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan apa saja metode yang digunakan dari pembelajaran berbasis android pada siswa kelas VII E SMP Negeri 20 Semarang yang terdiri dari 32 siswa. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penilitian ini adalah peserta didik mampu mengenal nada, mampu memahami notasi mutlak dan notasi angka, mampu menyanyikan lagu dengan satu suara dan mampu memainkan musik melodis menggunakan aplikasi real piano melalui pembelajaran musik berbasis android. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran musik di SMP Negeri 20 Semarang tidak hanya menggunakan alat musik saja, melainkan bisa memanfaatkan teknologi berbasis android dengan menggunakan metode tutor sebaya.

Kata kunci: pembelajaran, pembelajaran seni musik, berbasis Android, Real Piano

 

Learning simple musical instruments based on Android using Real Piano application

 

Abstract

The android-based musical instrument used in SMP Negeri 20 Semarang, especially in class VII E, is the Real Piano application. This study aims to find out how the process and what methods are used from android-based learning in class VII E SMP Negeri 20 Semarang which consists of 32 students. The research method in this study is a qualitative research with a phenomenological approach. Data collection techniques used in this study were observation, interview, and documentation techniques. The data analysis technique used is data reduction, data presentation and conclusion drawing or data verification. The results of this research are students are able to recognize tones, are able to understand absolute notation and number notation, are able to sing songs with one voice and are able to play melodic music using real piano applications through android-based music learning. The conclusion of this study is that learning music at SMP Negeri 20 Semarang does not only use musical instruments, but can utilize android-based technology using the peer tutor method.

Keywords: learning, music learning, Android based, Real Piano


Keywords


Pembelajaran, Pembelajaran Seni Musik, Berbasis Android, Real Piano

Full Text:

PDF

References


Abimanyu, S. (2008). Pengajaran Mikro. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Amalia, M., Ulfa, S., & Soepriyanto, Y. (2020). Multimedia Tutorial Berbasis Android untuk Memudahkan Siswa Memahami Materi Mengenal Notasi Balok Kelas X Seni Musik. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 59–67. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p059

Ardipal. (2020). Pemanfaatan Perangkat Teknologi Dalam Pembelajaran Musikberbasis Tematik Sebagai Peningkatan Keterampilan Abad 21bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Musikolastika, 2(2), 77–84.

Arry, C., Fretisari, I., & Muniir, A. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Permainan Musik Ansambel Pada Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(8), 1–10.

Aryani, D. (2019). Penggunaan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Pokok Lagu-Lagu Daerah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(2), 172–180. https://doi.org/10.17509/jpp.v19i2.19760

Deni. (2009). Eksperimentasi Metode Tutorial Sebaya dalam Pembelajaran Qira’ah Bagi Siswa Kelas XI di MAN Al-Muhajirin Bangka Belitung Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Siswa dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ela, L. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Notasi Angka Secara Vokal dengan Metode Drill Pada Siswa SMP. Pendidikan & Pembelajaran Khatulistiwa, 8(7), 1–11.

Fathurrohman, P. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Malik, R. (2017). Pembelajaran Rekorder Sopran Metode Tutor Sebaya Di Kelas VII B Smp Negeri 41 Semarang. In Pendidikan Sendratasik. Semarang: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Mulyaningsih, I. E. (2014). “Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar,” J. Pendidik. dan Kebud.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nana., S. (1989). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru: Bandung : Sinar Baru.

Parapat, E. P. S., & Malau, E. I. (2020). Pengaruh Evaluasi Ulangan Harian Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Pematangsiantar. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI), 3(2). https://doi.org/10.37600/ekbi.v3i2.192

Purnomo., W. (2010). Terampil Bermusik. Jakarta: Pusast Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.

Putra, I. E. D., Nofindra, R., & Putra, A. D. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Seni Musik Melalui Pembelajaran Berbasis Literasi Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Musikolastika, 2(2), 70–76.

Saputri, D. R. (2013). Proses Pembelajaran Seni Musik Bagi Siswa Tunanetra. HARMONIA - Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 13(1), 37–44.

Saryono. (2007). Penelitian Kualitatif ilmu ekonomi dari metodologi ke metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada: Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suaedy, S. (2011). Penerapan Berbagai Metode Pembelajaran dalam Kegiatan Diklat.

Syah, M. (2010). Psikologi pendidikan dalam pendekatan baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21–30.

Wahyuni, S., Handra Kadir, T., & Toruan, J. L. (2017). Penerapan Metode Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Seni Musik Di Sman 4 Muara Bungo. Sendratasik. Universitas Negeri Padang, 2(1), 49–55.

Waton, M. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di New Normal Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. 315–332. Retrieved from http://jurnal.iaibafa.ac.id/index.php/murobbi/issue/view/35

Wiqoyati, S. N. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Kimia Materi Senyawa Hidrokarbon Siswa Sman 1 Kaliwungu Dengan Metode ”Tuba Asyik”. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(2), 1177–1188.

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Prespektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497




DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v21i2.52967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Supervised by

RJI Main logo


Our Journal has been Indexed by:

       

 Creative Commons License

website statistics View My Stats