Pengembangan kreasi garap tabuhan dan lirik seni Santi Swara sebagai bahan ajar pembelajaran seni budaya
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan 1) untuk menciptakan produk bahan ajar Santi Swara dalam bentuk buku modul cetak untuk pembelajaran seni budaya, 2) untuk mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah Metode Research & Development (R&D) dengan desain alur rowntree models. Alur pengembangan dilakukan melalui tiga tahapan. 1) Planning, 2) Development, 3) Evaluation. Subjek percobaan kualitas modul diterapkan pada siswa kelas VIII SMPN 1 Jetis Bantul. Teknik pengumpulan data berasal dari hasil observasi, uji tes, wawancara, dokumentasi, studi literatur. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji MANOVA, dan validasi produk oleh ahli materi dan ahli bahan ajar. Hasil pengembangan menghasilkan kualitas modul ajar yang sangat layak. Hal tersebut didasarkan pada hasil validasi oleh ahli materi dan ahli bahan ajar dan pada hasil uji tes siswa sesuai aspek-aspek yang tertulis di dalamnya. Seperti halnya aspek tampilan, penggunaan, pemanfaatan. Sementara hasil validasi ahli materi meliputi aspek pendahuluan, isi, pembelajaran, tugas latihan evaluasi, rangkuman. Keseluruhan hasil rerata skor tiap aspek tersebut menunjukkan rerata di atas X ≥ 3,0 = Sangat Layak. Kesimpulannya berarti bahwa produk modul ajar santi swara yang dihasilkan dinyatakan sangat layak.
Keywords
References
Asri, M.J., & Asfar Munir. (2017). Pola Tabuhan Kesenian Beregung Pada Masyarakat Dayak Paus Di Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3) http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i3.19150
Danusuprapta. (1989). Macapat dan Santiswara. Humaniora Journal, 1(1), https://doi.org/10.22146/jh.2221.
Dick, W., Carey, L, & Carey, J.O. (2009). The Systematic Design of Instruction. New Jersey: Pearson.
Direktorat Perlindungan Kebudayaan. (2021). "289 Karya Budaya Ditetapkan Menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia tahun 2021'' Kebudayaan.Kemdikbud.go.id. Retrieved from https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/dpk/289-karya-budaya-ditetapkan-menjadi-warisanbudaya-takbenda-indonesia-tahun-2021/
Evira Devi, Romanti. (2021). "Kongres Musik Tradisi Nusantara". Itjen.Kemdikbud.go.id. Retrieved from https://itjen.kemdikbud.go.id/webnew/2021/09/25/kongres-musik-tradisi-nusantaraperdana-digelar/
Haryati, M. (2007). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Hidayat, R. (2014). Analisis Semiotika Makna Motivasi Pada Lirik Lagu “Laskar Pelangi” Karya Nidji. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), pp. 243-258.
Majid. A. (2006). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosada.
Mulyasa, E. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pallant, Julie. (2010). SPSS Survival Manual A step by step guide to data analysis using SPSS (4th edition). Australia: Allen & Unwin Book Publisher.
Poerwadarminta. (1939). Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolters Uitgevers Maatschappij N. V. Groningen.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Prawiradilaga, D. S. (2009). Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV.
Purwadi., & Endang. W. (2015). Serat Wulangreh. (Wejangan Sinuwun Paku Buwono IV Raja Keraton Surakarta Hadiningrat. Bantul: Laras Media Prima.
Rowntree, Derek. (1994). Preparing Materials for Open Distance, and Flexible Learning. London: Kogan.
Suharto, S. (2006). Permasalahan Musikal dan Lingual dalam Penerjemahan Lirik Lagu (The Musical and Linguistic Problems in Lyrics Translation). Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 6(2). https://doi.org/10.15294/harmonia.v7i2.756
Sulasman & Gumilar. (2013). Teori-Teori Kebudayaan (dari teori hingga aplikasi). Bandung: CV. Pustaka Setia.
Supanggah, Rahayu. (2009). Bothekan II: Konsep Garap. Surakarta: Program Pascasarjana ISI Surakarta Press.
Tessmer, Martin, (1998). Planning and Conductioning Formative Evaluation. London: Kogan Page Limited.
DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v22i2.52892
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats