Cerita pada ornamen medalion di relief candi Penataran sebagai ide penciptaan batik lukis
Anak Agung Gde Rai Arimbawa, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Lisa Sidyawati, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Abstract
Ornamen medalion pada bangunan Candi Penataran memiliki cerita dan nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Secara historis keberadaan ornamen medalion pada bangunan Candi Penataran terjadinya proses akulturasi antara kebudayaan India dan Indonesia. Namun sayangnya banyak wisatawan tidak mengerti sejarah dan makna simbolisasi yang terkandung didalamnya. Berdasarkan permasalahan tersebut penciptaan batik lukis ini memiliki tujuan untuk memaparkan pencarian sumber ide yang berasal dari ornamen medalion sebagai karya batik lukis, memberikan gambaran proses penciptaan batik lukis dari cerita ornamen medalion, dan menghasilkan karya batik lukis yang bersumber dari cerita pada ornamen medalion di relief Candi Penataran. Metode penciptaan yang digunakan terdiri atas tiga tahapan yaitu eksplorasi, perancangan, dan perwujudan. Hasil penciptaan batik lukis menghasilkan tiga buah karya. Tiga karya tersebut bercerita tentang Tinarunge Wisnu lan Hiranyaksa, Sabung Ayam Raja, dan Airawata Mabur Kayangan. Keseluruhan karya batik lukis ini dapat memberikan wawasan mengenai nilai kepahlawanan, cinta kasih dan pengorbanan yang perlu untuk ditanamkan dalam kehidupan masyarakat.
Kata Kunci: Ornamen Medalion, Relief, Candi Penataran, Batik Lukis
The story of the medalion ornament in the relief of Penataran temple as an idea for painting batik
Abstract
The medallion ornament on the Penataran Temple building has a story and philosophical value contained in it. Historically, the existence of medallion ornaments on the Penataran Temple building occurred an acculturation process between Indian and Indonesian cultures. But unfortunately many tourists do not understand the history and meaning of the symbols contained therein. Based on these problems, the creation of painted batik has the aim of explaining the search for ideas originating from the medallion ornament as a painted batik work, providing an overview of the process of creating painted batik from the story of the medallion ornament, and producing painted batik works that are sourced from the story on the medallion ornament in the temple reliefs. Upgrading. The creation method used consists of three stages, namely exploration, design, and embodiment. The results of the creation of batik painting resulted in three works. The three works tell the story of Tinarunge Wisnu and Hiranyaksa, the King's Cockfighting, and Airawata Mabur Kayangan. All of these painted batik works can provide insight into the values of heroism, love and sacrifice that need to be instilled in people's lives.
Keywords: Ornament, Medallion, Relief, Penataran Temple, Batik Painting
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, F. (2016). Representasi Simbol Candi Hindu Dalam Kehidupan Manusia: Kajian Linguistik Antropologis. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(2), 12–20. https://doi.org/10.23917/humaniora.v16i2.1840
Artika, B. Y., & Akhyar, M. (2017). Batik Ciprat Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Warna Bagi Siswa Tunarungu Kelas 5 Di Sdlb Negeri Grobogan. 13.
Chandra, F. (2021). Eksplorasi bangun datar dan bangun ruang pada bangunan Candi Penataran di Kabupaten Blitar [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/34042/
Darmaprawira, S. (2002). Warna: Teori Dan Kreativitas Penggunaannya (2nd ed.). ITB Press.
Dewi, R. K. (2020). Nilai pendidikan karakter dalam panil-panil relief Candi Rimbi / Rosida Kusuma Dewi [Diploma, Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/90586/
Gustami, S. (2004). Proses Penciptaan Seni Kriya:untaian metodologis. Yogyakarta: Program Pascasarjana S2 Penciptaan dan Pengkajian Seni ISI Yogyakarta.
Hakim, A. L., Anggraini, Y., Fitriani, R., & Haqiqi, A. K. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 3(2), 131–136. https://doi.org/10.23971/tf.v3i2.1353
Halim, A. (2017). The Meaning of Ornaments in The Hindu and Buddhist Temples on The Island of Java (ancient-middle-late classical eras). Riset Arsitektur (RISA), 1(02), 170–191.
Handoko, P., & Pujimahanani, C. (2016). Peran Dan Jenis Binatang Dalam Relief Cerita Binatang Di Candi Jawa Timur. 6.
Istanto, R. (2018). Estetika Hindu Pada Perwujudan Ornamen Candi Di Jawa. Imaji, 16(2), 155–161. https://doi.org/10.21831/imaji.v16i2.22737
Kirno, K. (2012). Ragam Hias Binatang Dalam Medalion. Corak, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24821/corak.v1i2.2323
Munawaroh, Y. A., & Josef, A. I. (2021). Perancangan Batik Tulis Dengan Memanfaatkan Visual Graffiti. Imaji, 19(2), 213–222. https://doi.org/10.21831/imaji.v19i2.40603
Putra, I. P. A. A., Wibawa, I. P. S., & Artatik, I. G. A. K. (2021). Tabuh Rah Dan Tajen: Antara Tradisi Dan Hukum. Hukum Dan Kebudayaan, 1(3 Mei), 17–27.
Ridwan, W., & Sutiyono, S. (2019). Bentuk Kapal Pinisi Sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Lukis Dengan Media Tanah Liat. Imaji, 17(2), 118–128. https://doi.org/10.21831/imaji.v17i2.26980
Salirani, N. P. (2021). Arsitektur Kompleks Candi Kedaton: Tinjauan Bentuk dan Fungsi Ruang [Other, Arkeologi]. https://repository.unja.ac.id/26968/
Sanyoto, S. E. (2010). Nirmana: Elemen-elemen Seni dan Desain. Jalasutra.
Setiawan, I. K. (2016). Hubungan Konseptual antara Candi-candi di Jawa Timur dengan Pura di Bali. Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies), 6(1), 253–274.
Sofyan, A. N., Sofianto, K., Sutirman, M., & Suganda, D. (2020). Pembelajaran Dan Pelatihan Seni Karinding Di Kabupaten Ciamis Sebagai Upaya Pelestarian Budaya Leluhur Sunda. Dharmakarya, 9(1), 59. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i1.24485
Susilowati, N. (2016). Fabel pada Relief Candi Panataran sebagai Ide Penciptaan Karya Seni Lukis. [Sarjana, Universitas Brawijaya]. http://repository.ub.ac.id/102524/
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2017. Tentang Pemajuan Kebudayaan
Widodo, T. (2013). Komposisi Dalam Seni Lukis. Cakrawala Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v20i2.51492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats