Variasi penggunaan media pembelajaran seni rupa oleh mahasiswa calon guru sekolah dasar
Julia Julia, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Abstract
Era teknologi abad 21 menuntut guru untuk mampu menggunakan dan/atau mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan beragam sesuai kebutuhan siswa sehingga pembelajaran akan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan para mahasiswa calon guru sekolah dasar yang merupakan mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar di beberapa perguruan tinggi di Jawa Barat dalam variasi penggunaan dan pengembangan media pembelajaran seni rupa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode kualitatif dengan desain studi kasus melalui survey dengan google form. Hasil penelitian menyatakan bahwa para mahasiswa calon guru SD memiliki anggapan bahwa penggunaan media dalam pembelajaran seni rupa itu berperan sangat penting, serta harus digunakan dengan baik agar bisa memunculkan pembelajaran yang efektif. Mereka dapat menggunakan satu media ataupun menerapkan variasi dari beberapa media pembelajaran seni rupa. Oleh karena itu, para mahasiswa calon guru SD dinilai memiliki kemampuan yang baik dalam variasi penggunaan media pembelajaran seni rupa.
Kata Kunci: variasi, media pembelajaran, calon guru sekolah dasar, seni rupa
Variations of the use of art learning media by prospective elementary school teachers
Abstract
The technological era in the 21st century requires teachers to be able to use and/or develop innovative and diverse learning media according to the needs of students so that learning will be more effective. This study aims to analyze the ability of prospective elementary school teacher who are students of elementary school teacher education study programs at several universities in West Java, Indonesia in the variation of the use and development of visual arts learning media. The method used in this research is a qualitative method with a case study design through a survey using google form. The results of the study stated that prospective elementary school teacher students had the assumption that the use of media in learning art had a very important role, and and must be used properly in order to bring about effective learning. They can use one medium or apply variations of several art learning media. Therefore, the prospective elementary school teachers are considered to have good abilities in the use of various visual arts learning media.
Keywords: variations, learning media, prospective elementary school teacher, visual arts
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan Metode Pembelajaran. Unissula.
Astriani, M. M., & Alfahnum, M. (2020). Peningkatan KompetensiI Guru PAUD dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Inovatif. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(04), 366–371.
Danim, S. (1995). Media Komunikasi Pendidikan: Pelayanan Profesional Pebelajaran dan Mutu Hasil Belajar (Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi). Bumi Aksara.
DePorter, B., & Hernacki, M. (2003). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa.
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Felix, J. (2012). Pengertian Seni sebagai Pengantar Kuliah Sejarah Seni Rupa. Humaniora, 3(2), 614–621. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i2.3405
Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara.
Huberman, A. M., & Miles, M. B. (2002). The Qualitative Researcher’s Companion. Sage Publication, Inc.
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 17–26.
Julia, J., Subarjah, H., Maulana, M., Sujana, A., Isrokatun, I., Nugraha, D., & Rachmatin, D. (2020). Readiness and Competence of New Teachers for Career as Professional Teachers in Primary Schools. European Journal of Educational Research, 9(2), 655–673. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.655
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Khoeriyah, N., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil dan Kebermaknaan Belajar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(2), 63–74. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11444
Kyriacou, C. (2009). Effective Teaching in Schools. Theory and Practice (3rd ed.). Nelson Thornes Ltd.
Rohani, A. (1997). Media Intruksional Edukatif. PT Rineka Cipta.
Sulfemi, W. B., & Nurhasanah. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), 151–158.
Telaumbanua, N. A., Lase, D., & Ndraha, A. (2021). Kreativitas Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran di SD Negeri 075082 Marafala. HINENI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 10–28. https://doi.org/10.36588/hjim.v1i1.63
Zuhro, A. R., & Cahyandaru, P. (2022). Pengembangan Media Seni Mainan Tradisional Untuk Pembelajaran Seni Budaya Anak. Imaji, 20(1), 34–46. https://doi.org/10.21831/imaji.v20i1.45291
DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v20i2.47266
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats