PEMBELAJARAN VOKAL SECARA UNISONO PADA SISWA KELAS VII SMP BINA TAMA PALEMBANG
Nelly Ermarita, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
Fadhilah Hidayatullah, Universitas PGRI Palembang, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran vokal secara unisono pada kelas VII SMP Bina Tama Palembang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VII dan Bapak Joni Ponco, S.Pd. sebagai guru seni budaya di SMP Bina Tama Palembang. Metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah metode tanya jawab dan demonstrasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran vokal secara unisono pada kelas VIII SMP Bina Tama Palembang sudah berjalan dengan baik. Dalam pelaksanaanya guru seni budaya telah menerapkan metode yang tepat, hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang memperoleh nilai rata-rata 80.
Kata Kunci : Pembelajaran Vokal Unisono, Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi.
UNISONO VOCAL LEARNING IN STUDENTS KELAS VII JUNIOR HIGH SCHOOL BINA TAMA PALEMBANG
Abstract
The purpose of this study was to determine how the planning, implementation and evaluation of vocal learning by unisono in class VII junior high school Bina Tama Palembang. The method used is a qualitative descriptive method. The data sources used in this study were class VII and Mr. Joni Ponco, S.Pd. as a cultural arts teacher at junior high school Bina Tama Palembang. The learning method used in this study is the question and answer method and demonstration. Data collection techniques in this study were observation, interviews and documentation. Based on the analysis carried out, the conclusion is that unisono vocal learning in class VIII junior high school Bina Tama Palembang has been going well. In its implementation, the cultural arts teacher has applied the right method, this can be seen from the learning outcomes of students who get an average score of 80.
Keywords: abstract, bold, italic, maximum five words/phrases, template
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, Oemar, 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum Dan Pembelajaran.Jakarta:Bumi Aksara
Hidayatullah, Fadhilah. 2016. Studi Pendidikan di Sekolah Api Kreatif Bandung. Jurnal Sutakara Universitas PgRI Palembang, Vol 1 No1.... hal 95-112
Ngalim Purwanto, 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Okatara, B. (2011). 6 JamJago Teknik Vocal. Jakarta Timur: Gudang Ilmu.
Purnomo, Eko. 2016. Seni Budaya. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung; Remaja Rosdakarya Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Simanungkalit. 2008. Teknik vokal paduan suara. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2014), Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Cetakan keduapuluh, Bandung: Alfabeta.
Lampiran Permendikbud RI No. 103, 2014
Lampiran Permendikbud RI No. 104, 2014
DOI: https://doi.org/10.21831/imaji.v19i1.38015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supervised by
Our Journal has been Indexed by:
View My Stats