Increasing students’ information literacy and creative thinking in Islamic religious education learning through reading, questioning, and answering learning strategy
Mia Islamiati, Sekolah Dasar Negeri 178 Gegerkalong KPAD Bandung, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
As-Tsauri, M. S. (2022). Pengaruh strategi pembelajaran Reading, Questioning, and Answering terhadap kemampuan literasi informasi dan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian di SMP Islam Multi-Intelegensi Tasdiqul Quran Kabupaten Bandung Barat(Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Atsar, A. (2019). Penerapan metode diskusi sebagai salah satu upaya meningkatkan kreativitas belajar ppkn pada materi perlindungan dan pemajuan hak asasi manusia di Indonesia. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 1-13.
Baroya, E. H. (2018). Strategi pembelajaran abad 21. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 101-115.
Ferawati, F., & Rahmawati, A. (2023). Implemenasi Strategi Pembelajaran Reading, Question and Answering (RQA) Disertai Media Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 2(2), 88-93.
Hidayat, M. A. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Talk Write dalam Kelompok Kecil Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Pada Siswa MTs Negeri 2 Medan. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 11(1), 67-93.
Jumriah, J. (2023). Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pomalaa Kabupaten Kolaka dalam Menyimpulkan Isi Berita yang Dibaca. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 1461-1474.
Masni, H. (2017). Strategi meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5(1), 34-45.
Maulida, F. (2017). Penerapan strategi pembelajaran reading questioning and answering (RQA) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 77-86.
Mukmin, U. A., & Karmila, W. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Vct pada Pelajaran Pai dalam Menyikapi Konflik Sosial di SMK Harapan 1 Rancaekek Bandung. Tadrib, 7(1), 71-90.
Mulyadi, M., Adlim, A., & Djufri, D. (2018). Memberdayakan kemampuan berpikir mahasiswa melalui model pembelajaran reading questioning and answering (RQA). BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 2(1), 33-37.
Novita, J. B., Asrori, A., & Rusman, R. (2022). Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery Learningdalam Meningkatkan Keterampilanberfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Muhamamdiyah 2 Sangkapura. Tadrib, 8(1), 11-34.
Pabumbun, A. R., & Dalle, A. (2017). Problematika pembelajaran kemampuan menyimak bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2), 88-94.
Patimah, L., & Saniah, L. (2020). Penerapan strategi relating, experiencing, applying, cooperating, dan transfering (react) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa: react: Creative Thinking: Mathematics. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(2), 187-196.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839-8848.
Priantari, I. (2016). The efect of rqa-combined tps on the biology department students’retention in genetics subject at University of Muhammadiyah Jember. In International Conference on Education (IECO) FKIP UNMUH JEMBER (Vol. 1, No. 1).
Purnama, R. (2021). Model perilaku pencarian informasi (analisis teori perilaku pencarian informasi menurut David Ellis). Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 9-21.
Rindawan, E. F., & Fibrianti, B. S. (2021). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis kontekstual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi pokok sistem regulasi manusia di kelas XI SMAN 1 Praya Barat Daya. Journal Scientific Of Mandalika (JSM) e-ISSN 2745-5955| p-ISSN 2809-0543, 2(1), 20-36.
Sahrudin, A. (2014). Implementasi strategi pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa SMA. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1).
Saputra, A. (2022). Strategi evaluasi pembelajaran pendidikan Agama Islam pada SMP. Jurnal Genta Mulia, 13(2).
Suryana, E., Lestari, A., & Harto, K. (2022). Teori Pemrosesan Informasi Dan Implikasi Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Wahyuna, R., & Usmaidar, R. F. (2023). Analisis Teori Sibernetik Pada Era Pembelajaran 5.0 Dalam Perkembangan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII MTsN 1 Langkat. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 34-40.
DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v24i2.71743
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhammad Sufyan As-Tsauri, Mia Islamiati
Supervised by
Our Journal has been Indexed by
Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum by http://journal.uny.ac.id/index.php/humanika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.