PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS

Krisno Prastyo Wibowo, SMP Negeri 2 Batealit Jepara, Indonesia
Marzuki Marzuki, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Batealit Jepara, tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri atas 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) observasi, untuk mengumpulkan data motivasi siswa, (2) tes, berupa soal objektif untuk mengukur kemampuan kognitif siswa yang diperoleh dalam pembelajaran IPS dengan model make a match, (3) dokumentasi, untuk mengumpulkan semua catatan penting yang berhubungan dengan penelitian dan (4) wawancara, untuk mendapatkan data tentang deskripsi pembelajaran di kelas dan permasalahan yang dihadapi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Terjadi peningkatan motivasi belajar siswa, siklus I dengan rata-rata 75,91 (baik), dan pada siklus II meningkat menjadi 78,17 (baik), (2) peningkatan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata 68,70 dan persentase ketuntasan belajar 52,17%. Pada siklus II meningkat menjadi 75,65 dan persentase ketuntasan belajar juga meningkat menjadi 86,96%. Dengan demikian, penerapan model make a match berbantuan media video dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMP negeri 2 Batealit Jepara.

Keywords


model make a match; media; motivasi; hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo


Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Harmoni Sosial Stats