KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO DAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SMPN KECAMATAN SEWON

Dyan Desi Madyarini, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial PPs UNY, Indonesia
Abdul Gafur, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran portofolio dan model pembelajaran PBL; (2) perbedaan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran portofolio dan model pembelajaran PBL pada siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi; (3) perbedaan hasil belajar antara penggunaan model pembelajaran portofolio dan model pembelajaran PBL pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah; dan (4) interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varian (Anava) dua jalur dengan taraf signifikansi (α) 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran portofolio dan model pembelajaran PBL; (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran portofolio dan model pembelajaran PBL pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi; (3) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran portofolio dan model pembelajaran PBL pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah; dan (4) terdapat interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.

Keywords


model pembelajaran portofolio; problem based learning; motivasi belajar; hasil belajar IPS

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo


Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Harmoni Sosial Stats