KEEFEKTIFAN VCT DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN NILAI NASIONALISME, DEMOKRASI, DAN MULTIKULTURAL

Mursetyadi Yuli Sadono,
Muhsinatun Siasah Masruri,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran sejarah dengan menerapkan Value Clarification Technique (VCT) untuk meningkatkan nilai nasionalisme, demokrasi dan multikultural, dengan memperhatikan gaya belajar siswa Visual dan Auditori). Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Data dianalisis menggunakan analisis faktorial 2x2 dengan α= 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa rerata hasil belajar afektif siswa dengan pembelajaran VCT lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan teknik konvensional (151,47>138,91; α 0,000). Kesimpulannya, teknik klarifikasi nilai (VCT) efektif untuk penanaman nilai nasionalisme, demokrasi, dan multikultural melalui pembelajaran sejarah, baik pada siswa yang bergaya belajar auditori maupun visual.

Kata Kunci: Keefektifan, VCT, Gaya Belajar


Full Text:

PDF 71-82


DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo


Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Harmoni Sosial Stats