Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Negeri
Mukminan Mukminan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi pada siswa yang menggunakan media pembelajaran power point dengan media konvensional pada kelompok siswa dengan gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2, menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Penelitian dilakukan di SMAN 4 Yogyakarta dan SMAN 9 Yogyakarta. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 dan SMA Negeri 9 Yogyakarta. Sampel penelitian sebanyak 83 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji beda anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan media power point dan media konvensional dimana rerata hasil belajar dengan media power point lebih tinggi dibanding menggunakan media konvensional baik itu pada kelompok gaya belajar visual dan kelompok gaya belajar auditorial. Terdapat interaksi antara media pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Ekonomi.
Kata kunci: media pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar ekonomi
THE EFFECT OF INSTRUCTIONAL MEDIA TOWARD ECONOMIC LEARNING OUTCOMES JUDGING FROM LEARNING STYLES OF SENIOR HIGH SCHOOL
Abstract
This study aims to determine differences in economic learning outcomes in students using learning media power point with conventional media in visual style student groups and students auditory style. This research is an experimental research with 2 x 2 factorial design, using pretest and final test (posttest). The research was conducted at SMAN 4 Yogyakarta and SMAN 9 Yogyakarta. The population is all students of class X SMAN 4 Yogyakarta and SMAN 9 Yogyakarta. The sample of research is 83 students taken with simple random sampling technique. The technique of data analysis using descriptive analysis and difference test of two-way ANOVA. The results showed: There are differences in learning outcomes of students who learn by using power point media and using conventional media where the average of learning outcomes with power point media was higher than using conventional media in the visual learning style group and the learning style group. There is a significant interaction between learning media and learning style in influencing the learning result of Economics.
Keywords: instructional media, learning style, learning outcomesKeywords
Full Text:
PDFReferences
Sadiman, A. S., & Raharjo, H. (2006) Media pendidikan. Jakarta: PT. Rajawali Pers
Arsyad (2016). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bekti, D. S. (2012). Pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan alam pada siswa kelas V SD Negeri Ngebung Beran tahun ajaran 2011/2012. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kurniawati, I. (2004). Eksperimentasi pembelajaran menggunakan media power point pada pokok bahasan lingkaran ditinjau dari motivasi belajar siswa. Abstrak. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved 22 April 2014 from http://eprints.ums.ac.id/715/
Johandayani. (2009). Pengaruh media Microsoft PowerPoint terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi Kelas VIII pada topik bahasan kondisi fisik wilayah dan penduduk di SMP Negeri 2 Malang. Abstrak. Jurusan Geografi FMIPA Universitas Negeri Malang. Retrieved 22 April 2014 form http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Geografi/article/view/5899
Supriadi. (2012). Pengaruh penggunaan media pembelajaran powerpoint terhadap keaktivan dan hasil belajar ipa siswa kelas V SD Negeri Bugel 02 Kecamatan Sidorejo Kabupaten Semarang semester genap tahun 2011/2012. Abstrak. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Raras, K. L. H. (2012). Pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD SN Batursari 6 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Semester II tahun ajaran 2011/2012. Abstrak. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana.
Sudjana, N. & Rivai, A. (2013). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Rusman. (2012). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi: mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugihartono. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.17743
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0