Aktualisasi nilai-nilai multikultural di SMA Taruna Nusantara Magelang
Darmiyati Zuchdi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik nilai-nilai multikultural dan pentingnya aktualisasi nilai-nilai multikultural di SMA Taruna Nusantara; (2) proses internalisasi, aktualisasi, dan evaluasi aktualisasi nilai-nilai multikultural di SMA Taruna Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif naturalistik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, analisis dokumen, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan, mereduksi, dan menyajikan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai-nilai multikultural di SMA Taruna Nusantara terdiri atas nilai pluralisme, solidaritas, toleran, demokratis, kesetaraan, dan kepedulian; (2) nilai-nilai multikultural diaktualisasikan untuk menciptakan kehidupan harmonis; (3) nilai-nilai multikultural diinternalisasikan secara langsung dan tidak langsung; (4) aktualisasi nilai-nilai multikultural dilakukan peserta didik dengan menunjukkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan Perdupsis dan PUDD serta dijadikan kebiasaan; dan 5) evaluasi aktualisasi nilai-nilai multikultural dilakukan dengan refleksi diri, sistem reward dan punishment, penilaian dalam rapor, dan buku saku.
Kata kunci: internalisasi, aktualisasi nilai, sikap dan perilaku, karakter, nilai-nilai multikultural
MULTICULTURAL VALUE ACTUALIZATION IN TARUNA NUSANTARA MAGELANG HIGH SCHOOL
Abstract
This article is aimed to know: (1) the characteristics of multicultural values and the importance of actualization of multicultural values in SMA Taruna Nusantara; (2) the process of internalization, actualization, and evaluation of actualization of multicultural values in SMA Taruna Nusantara. This research used naturalistic qualitative method. The data collection was done by observation, interview, document analysis, and documentation. The data analysis was done by collecting, reducing, and presenting data and drawing conclusions. The results showed that: 1) multicultural values in SMA Taruna Nusantara consisted of pluralism, solidarity, tolerance, democratic, equality, and caring values; (2) the multicultural values are actualized to create a harmonious life; (3) multicultural values are internalized directly and indirectly; (4) the actualization of multicultural values of the students done by showing attitudes and behaviors in accordance with Perdupsis and PUDD and made a habit; and 5) evaluation of actualization of multicultural values carried out by self-reflection, reward and punishment system, assessment in report cards, and pocket book.
Keywords: internalization, actualization of values, attitudes and behavior, character, multicultural valuesKeywords
Full Text:
PDFReferences
Abercrombie, N., Hill, S., & Turner, B.S. (2010). Kamus sosiologi. (D. Noviyani, E. Adinugraha, & R. Widada, Trans). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bakrac, V. (2015). The importance of dialogue and tolernace in a plural society. European Journal of Social Sciences Education and Research. 3(2), 26-33.
Banks, J. A. (2008). An introduction to multicultural education (4th Ed.). Boston: Pearson Allyn and Bacon.
Berry, J. W. (2011). Integration and multiculturalism: ways towards social solidarity. Social Representations. 20, 2.1-2.21.
Bilsky, W. & Schwartz, S.H. (1994). Values and personality. European Journal of Personality. 8, 163-181.
Comas-Diaz, L. (2012). Humanism and multiculturalism: an evolutionary alliance. Psychotherapy. 49(4), 437-441.
David, P. (1983). Sociology. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Departemen Pendidikan Nasional. (2018) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional
Djaali & Mulyono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
Hanum, F., & Raharja, S., (2007). Pembelajaran pendidikan multikultural melalui modul di sekolah dasar sebagai suplemen pelajaran IPS. Retrieved 6 January 2017 from http://staff. uny.ac.id/dosen/prof-dr-farida-hanum-msi.
Hanum, F. (2013). Sosiologi pendidikan. Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Heckmann, F. (1993). Multiculturalism defined seven ways. The Social Contract, 245-246.
Ketetapan MPR No.II/MPR/1978
Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara. (2016a). Peraturan kehidupan siswa SMA Taruna Nusantara. Jakarta: LPTTN.
Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara. (2016b). Peraturan urusan dinas dalam SMA Taruna Nusantara. Jakarta: LPTTN.
Lickona, T. (2013). Mendidik untuk membentuk karakter : bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan tanggung jawab. (J. A. Wamaungo, Trans). Jakarta : Bumi Aksara.
Maresty, E., & Zamroni. (2017). Analisis nilai-nilai budaya huma betang dalam pembinaan persatuan kesatuan bangsa siswa SMA di Kalimantan Tengah. Harmoni Sosial Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 67-79.
Mahfud, C. (2014). Pendidikan multikultural. (4th Ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1992). Analisis data kualitatif. (T. Rohendi, Trans). Jakarta: UI Press.
Muhaimin. (1996). Strategi belajar-mengajar. Surabaya: Citra Media.
Osborn, K. (1993). Tolerance. New York: The Rosen Publishin Group.
Poloma, M. M. (1999). Sosiologi kontemporer. Jakarta: Rajawali Press.
Sekolah Menengah Atas Taruna Nusantara. (2015). Kurikulum SMA Taruna Nusantara. Magelang: SMA Taruna Nusantara.
Suryalaga, H. (2010). Kasundan: rawayan jati. Bandung: Yayasan Nur Hidayah.
Suryana, Y. & Rusdiana, H. A. (2015). Pendidikan multikutural suatu upaya penguatan jati diri bangsa – konsep – prinsip – implementasi. Bandung: Pustaka Setia.
Thobroni, M., & Nurgiyantoro, B. (2010). Multikultulturalisme dalam cerita tradisional Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora. 11(2). 154-169.
Tilaar, H. A. R. (2004). Multikulturalisme, tantangan global masa depan dalam transformasi pendidikan nasional. Jakarta: Grasindo.
Tilly, C. (2007). Democracy. New York: Cambridge University Press.
Wahid, A. (2001). Pergulatan negara, agama, dan kebudayaan. Depok: Desantara.
Zuchdi, D. (2008). Humanisasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.16373
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0